The Implementation of English Teacher's Differentiated Instruction to Disabled Student in an Inclusive School

Sari, Ni Luh Aprilia Purnama (2020) The Implementation of English Teacher's Differentiated Instruction to Disabled Student in an Inclusive School. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021045-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021045-ABSTRAK.pdf

Download (370kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (303kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1612021045-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BA 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021045-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Siswa disabilitas belajar berdasarkan kurikulum 2013 di sekolah inklusi. Siswa ini belajar materi yang sama dengan siswa reguler. Untuk membantu siswa disabilitas memahami materi, guru sebaiknya menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan siswa. Differentiated instruction adalah strategi pembelajaran yang menyediakan pilihan-pilihan yang berbeda untuk siswa. Differentiated Instruction mempunyai 4 aspek yaitu konten, proses, produk, dan lingkungan belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penerapan differentiated instruction oleh guru kepada siswa disabilitas di sekolah inklusi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan desain penelitian kasus. Penelitian ini dilakukan di kelas MM2 (Multi Media), SMKN 3 Singaraja sebagai sekolah inklusi. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris yang telah mengikuti penyuluhan mengajar siswa disabilitas. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru membedakan topik dari teks, contoh, sumber belajar, dan cara menjelaskan atau mengulang kembali materi pembelajaran pada aspek konten. Guru juga memberikan pre-assessment dalam menentukan topik untuk video siswa. Pada aspek proses, guru terkadang memberikan pilihan dan instruksi yang berbeda kepada siswa disabilitas dan reguler. Guru tidak membedakan produk yang harus dibuat oleh siswa disabilitas dan siswa reguler namun terkadang hanya membedakan tantangan, topik, dan criteria produk. Dari segi lingkungan belajar, guru biasanya menyediakan ruang yang cukup, mengatur teman dan tempat duduk untuk siswa disabilitas dibandingkan siswa reguler. Guru memberikan peraturan atau instruksi yang berbeda tergantung dari tempat berlangsungnya pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Differentiated Instruction, Siswa disabilitas, Sekolah Inklusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Luh Aprilia Purnamasari
Date Deposited: 30 Jul 2020 03:03
Last Modified: 30 Jul 2020 03:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item View Item