Pratiwi, Ni Putu Wismayani (2019) Analyzing the Eleventh-Grade English Teachers’ Summative Assessment from the Hots Perspective. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021166-COVER.pdf Download (823kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021166-ABSTRAK.pdf Download (87kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021166-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (149kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021166-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021166-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021166-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021166-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021166-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (171kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021166-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui bagaimana penilaian sumatif yang dibuat oleh guru kelas XI di Singaraja merefleksikan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini melibatkan 3 guru mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI yang berasal dari tiga sekolah di Singaraja. Sementara, objek dari penelitian ini adalah soal-soal sumatif kelas XI Semester I tahun 2018/2019 yang dibuat oleh guru. Soal-soal tersebut dianalisis dengan metode analisis dokumen untuk mengetahui sejauh mana Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi berdasarkan Taksonomi Bloom edisi Revisi tercermin pada tes yang dibuat guru. Sementara, metode wawancara dilakukan untuk mendapatkan data mengenai pengetahuan guru tentang Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa persentase soal berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi sebesar 5.4% dan masih terbatas pada tingkat kognitif Analisis (C4). Dari hasil analisis tersebut, jenjang kognitif siswa yang diukur masih berada pada Kemampuan Berpikir Tingkat Rendah. Hal ini disebabkan karena guru belum sepenuhnya memahami konsep dari Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi. Selain itu, ditemukan pula pada hasil wawancara bahwa terdapat kesenjangan antara pengetahuan dan kinerja guru pada penilaian. Oleh karena itu, guru, khususnya guru mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI, harus belajar lebih banyak mengenai Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan mengikuti pelatihan mengenai tentang pengembangan soal berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Penilaian Sumatif, Taksonomi Bloom Edisi Revisi, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Wismayani Pratiwi |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 03:37 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 03:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/373 |
Actions (login required)
View Item |