Elsie, Kadek Fredina (2020) Transitivity Analysis of Students' Recount Texts. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829081040-COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829081040-ABSTRAK.pdf Download (102kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081040-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081040-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (292kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081040-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081040-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081040-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081040-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (173kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829081040-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: a) memahami jenis proses dan hasil yang menjadi ciri teks recount siswa; b) memahami jenis proses yang dominan digunakan; c) memahami elemen sirkumstan yang menjadi ciri teks recount siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teks recount yang ditulis oleh kelas XI Usaha Perjalanan Wisata (UPW) 2 di SMK Wira Harapan digunakan sebagai sumber pengumpulan data penelitian. Ada 26 siswa yang diambil sebagai subyek penelitian. Data penelitian yang berupa kalimat dan klausa dianalisis berdasarkan sistem transitivitas. Penelitian ini menemukan bahwa, pertama, jenis proses yang menjadi ciri teks recount siswa adalah proses material, proses atributif intensif, proses mental, proses atributif sirkumstan, proses verbal, proses atributif posesif, proses identifikasi intensif, proses eksistensial, proses identifikasi sirkumstan, dan proses tingkah laku, yang masing-masing muncul 566 kali (60.66%), 149 kali (15.97%), 100 kali (10.72%), 35 kali (3.75%), 29 kali (3.11%), 21 kali (2.25%), 17 kali (1.82%), 9 kali (0.96%), 4 kali (0.43%), dan 3 kali (0.32%). Kedua, jenis proses yang dominan digunakan dalam teks recount siswa adalah proses material atributif intensif, mental, atributif sirkumstan, dan verbal. Proses material adalah proses yang paling dominan digunakan karena topik yang ditulis oleh siswa terkait dengan kegiatan masa lalu. Ketiga, unsur-unsur sirkumstan yang menjadi ciri teks recount siswa adalah tempat, waktu, sebab, cara, tingkat, penyerta, masalah, dan peran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | linguistik sistemik fungsional, analisis transitivitas, teks recount. |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Kadek Fredina Elsie |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 05:48 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 05:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3778 |
Actions (login required)
View Item |