THE EFFECT OF PROJECT-BASED LEARNING ON CREATIVITY AND WRITING COMPETENCE IN SMP NEGERI 2 SAWAN IN ACADEMIC YEAR 2019/2020

Fatmawan, Aditya Ridho (2020) THE EFFECT OF PROJECT-BASED LEARNING ON CREATIVITY AND WRITING COMPETENCE IN SMP NEGERI 2 SAWAN IN ACADEMIC YEAR 2019/2020. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829081004-COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081004-ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829081004-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek pada kreativitas siswa, kompetensi menulis dan efek simultan pada keduanya. Penelitian eksprimental ini mengambil 257 siswa kelas 8 sebagai populasi di SMP Negeri 2 Sawan pada tahun akademik 2019/2020. Dari keseluruhan populasi tersebut, terpilih 64 siswa sebagai sampel yang terdiri dari 32 siswa di kelompok eksperimen dan 32 siswa di kelompok kontrol. Pemilihan sampel dilaksanakan melalui teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan post-test. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan ANOVA satu arah dan MANOVA melalui aplikasi SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) siswa yang diajar oleh Pembelajaran Berbasis Proyek menunjukkan kreativitas yang lebih baik daripada mereka yang diajar dengan pengajaran konvensional, 2) siswa yang diajarkan oleh Pembelajaran Berbasis Proyek menunjukkan kompetensi yang lebih baik dalam menulis daripada mereka yang diajarkan dengan pengajaran konvensional, dan 3) terdapat pengaruh simultan dari penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap kreativitas dan kompetensi menulis siswa. Dengan demikian, PBL membuat siswa mengeksplorasi berbagai kata-kata baru, mengkombinasikan kata-kata melalui aktivitas proyek menulis, menciptakan proyek penuh warna, menikmati situasi belajar, belajar dengan cara yang kooperatif dan bertanggung jawab dengan proyek mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Pembelajaran Berbasis Proyek, Kompetensi Menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Aditya Ridho Fatmawan
Date Deposited: 30 Jul 2020 04:47
Last Modified: 30 Jul 2020 04:47
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3789

Actions (login required)

View Item View Item