Utari, Komang Ayu Kris (2019) The Effect of Local Culture-Based Digital Story of Legend on Students' Reading Competence in Buleleng District Primary Schools. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021175-COVER.pdf Download (500kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021175-ABSTRAK.pdf Download (144kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021175-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (177kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021175-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512021175-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021175-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021175-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021175-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (232kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021175-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan perbedaan yang signifikan pada kompetensi membaca siswa antara mereka yang diajar menggunakan cerita digital berbasis budaya lokal dan mereka yang diajar menggunakan buku cerita berbasis budaya lokal dalam bentuk legenda di sekolah dasar kabupaten Buleleng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan menggunakan desain post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 6 di sekolah dasar kabupaten Buleleng. Sementara itu, sampel penelitian ini adalah 68 siswa: 34 siswa dari SD Lab Undiksha sebagai kelompok eksperimen, dan 34 siswa dari SDN 4 Kaliuntu sebagai kelompok kontrol. Sampel dipilih menggunakan teknik one intact group cluster random sampling. Data dilakukan melalui post-test, kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif membuktikan bahwa kelompok eksperimen mencapai skor rata-rata yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol (86,61> 80,58). Selain itu, hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) 0,12 yang lebih rendah dari 0,05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi membaca siswa antara siswa yang diajarkan menggunakan cerita digital berbasis budaya lokal dan siswa yang diajarkan menggunakan buku cerita berbasis budaya lokal dalam bentuk legenda di sekolah dasar kabupaten Buleleng.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | cerita digital, legenda, budaya lokal, kompetensi membaca, TEYL |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Komang Ayu Kris Utari |
Date Deposited: | 22 Oct 2019 03:24 |
Last Modified: | 22 Oct 2019 03:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/382 |
Actions (login required)
View Item |