PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI IPA TERPADU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP WIDIATMIKA

Astikawati, Ni Wayan (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI IPA TERPADU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP WIDIATMIKA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829071010-COVER.pdf

Download (530kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829071010-ABSTRAK.pdf

Download (489kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829071010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829071010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829071010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829071010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829071010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829071010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829071010-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kemandirian belajar merupakan bagian dari penguatan pendidikan karakter (PPK) dan keterampilan Abad 21 yang harus dicapai siswa pada mata pelajaran di jenjang pendidikan dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA terpadu dan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP Widiatmika antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang mengunakan direct instruction. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini sejumlah 125 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 63 orang yang diambil dengan metode cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan dua instrumen, yaitu tes kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan angket kemandirian belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan secara simultan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan kemandirian belajar siswa nilai F = 6,530 dan nilai sig.= 0.003 dengan taraf signifikansi 0,05. (2) terdapat perbedaan yang signifikan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dengan nilai F = 10,200 dan nilai sig.= 0.002 dengan taraf signifikansi 0,05. (3) terdapat perbedaan yang signifikan penerapan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai F = 4,170 dan nilai sig.= 0.046 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan temuan-temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi IPA Terpadu dan kemandirian belajar siswa kelas VII di SMP Widiatmika.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PBL, kemampuan berpikir tingkat tinggi, kemandirian belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2)
Depositing User: Ni Wayan Astikawati
Date Deposited: 04 Aug 2020 04:07
Last Modified: 04 Aug 2020 04:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item