EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI SEKOLAH MODEL KABUPATEN TABANAN (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Penebel)

I Nengah, Sumeyasa (2020) EVALUASI PELAKSANAAN SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI) DI SEKOLAH MODEL KABUPATEN TABANAN (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Penebel). Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829031019-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829031019-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829031019-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829031019-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829031019-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829031019-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829031019-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829031019-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829031019-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

I Nengah Sumeyasa. Evaluasi Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Sekolah Model Kabupaten Tabanan (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Penebel). Tesis. Singaraja: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2020 Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Igusti Ketut Arya Sunu, M.Pd. dan Pembimbing II: Dr. I Putu Wisna Ariawan, M.Si. Kata kunci: evaluasi, sistem penjaminan mutu internal, sekolah model Penelitian yang dilakukan termasuk penelitian evaluasi kuantitatif, yang menunjukkan prosedur dan proses pelaksanaan program. Dalam penelitian ini menganalisis efektivitas pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) di SMP Negeri 1 Penebel dengan menganalisis peran masing-masing variabel sesuai dengan model CIPP (konteks, input, proses dan produk). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 104 orang terdiri atas kepala sekolah, TPMPS, wakil kepala sekolah, kepala urusan, tata usaha, komite sekolah, guru, orang tua siswa, serta perwakilan siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Untuk menentukan efektivitas program skor mentah ditransformasikan ke dalam T-skor kemudian diverifikasi ke dalam prototype guru dan teori Glickman. Hasil analisis menemukan bahwa pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) di SMP Negeri 1 penebel tergolong dalam kategori efektif dilihat dari variabel konteks, input, proses dan produk setelah ditrasformasikan ke dalam kuadran Glickman yakni berada pada kuadran I yakni: konteks (+), input (+), proses (+) dan produk (+). Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal di SMP Negeri 1 Penebel tergolong dalam kategori sefektif ditinjau dari komponen konteks, input, proses dan produk. Dengan demikian, pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal ini perlu dipertahankan dan bahkan ditingkatkan serta diadakan perbaikan terhadap dimensi yang belum efektif, sehingga menghasilkan produk yang optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, sistem penjaminan mutu internal, sekolah model
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: I Nengah Sumeyasa
Date Deposited: 07 Aug 2020 13:32
Last Modified: 07 Aug 2020 13:32
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/3907

Actions (login required)

View Item View Item