SANTOSO, AGUS DWI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-SERVICE-LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 2 BANJAR. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1729071005-COVER.pdf Download (808kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1729071005-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1729071005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (339kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1729071005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1729071005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1729071005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (710kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1729071005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1729071005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (487kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1729071005-LAMPIRAN.pdf Download (16MB) |
Abstract
ABSTRAK Santoso, Agus Dwi (2019), Pengembangan Media Pembelajaran E-Service-Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 2 Banjar. Tesis, Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Dr. Ni Nyoman Parwati, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. I Wayan Sukra Warpala, M.Sc. Kata kunci: e-service-learning, penelitian pengembangan, model ADDIE Peran pembelajaran online sangat penting dalam pembelajaran abad-21. Disadari penting bagi siswa untuk dapat menerapkan teorinya dikehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran e-service-learning pada siswa kelas X Bahasa dan Budaya 2 di SMA Negeri 2 Banjar yang menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek coba dalam penelitian ini adalah ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, siswa perorangan, siswa kelompok kecil, dan siswa dalam uji coba lapangan. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah media pembelajaran e-service-learning dan prestasi belajar siswa kelas X Bahasa dan Budaya 2. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrumen pedoman wawancara, kuisioner, dan tes prestasi belajar. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data menunjukkan bahwa telah berhasil dirancang sebuah e-service-learning untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Setelah melalui tahapan validasi dari para ahli dan subjek uji coba perorangan, kelompok kecil dan lapangan, e-modul dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan kategori rata-rata skor validasi baik. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata pretest dan posttest, serta hasil rata-rata posttest berada diatas KKM mata pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service-learning belum efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-service-learning, penelitian pengembangan, model ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Teknologi Pembelajaran (S2) |
Depositing User: | AGUS DWI SANTOSO |
Date Deposited: | 23 Oct 2019 07:49 |
Last Modified: | 23 Oct 2019 07:49 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/394 |
Actions (login required)
View Item |