Putra, I Kadek Andreastawa (2020) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PELUANG SISWA SMP KELAS VIII. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1513011056-COVER.pdf Download (871kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1513011056-ABSTRAK.pdf Download (114kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513011056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (250kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513011056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (378kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513011056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513011056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1513011056-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513011056-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (239kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1513011056-LAMPIRAN.pdf Download (907kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun dan prototype media animasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peluang siswa SMP kelas VIII. Rancang bangun media animasi dibangun melalui penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang dimodifikasi. Tiga dari 5 tahap pengembangan model ADDIE digunakan dalam penelitian ini, meliputi tahap analisis, desain dan pengembangan, serta implementasi terbatas. Tahap evaluasi hanya dilakukan secara formatif mengingat kondisi pandemi yang tidak memungkinkan. Data evaluasi materi dan media dikumpulkan dengan instrumen evaluasi yang diisi oleh ahli materi dan ahli media, dan data pemahaman konsep peluang dikumpulkan dengan angket yang diberikan kepada siswa setelah mencoba media yang dikembangkan. Evaluasi materi dilakukan oleh guru dan dosen matematika, evaluasi desain oleh dosen teknologi pendidikan, dan evaluasi terbatas oleh beberapa guru dan siswa SMP Negeri 1 sebagai responden dalam implementasi terbatas. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian berupa rancang bangun media animasi dengan karakteristik menggunakan penggabungan antara unsur teks, gambar, dan audio menjadi satu kesatuan dalam penyajian berbentuk animasi sehingga mengakomodasi semua tipe belajar dari peserta didik. Hasil evaluasi media menunjukkan bahwa media animasi yang dikembangkan mempunyai kelayakan materi yang tergolong sangat layak dengan skor rata-rata sebesar 4,75 (skor maksimal 5,00); mempunyai kelayakan media yang tergolong sagat layak dengan skor rata-rata 4,25 (skor maksimal 5,00) yang tergolong sangat layak; efisiensi media tergolong sangat tinggi dengan rata-rata skor masing-masing 4,41(skor maksimal 5,00) berdasarkan respon siswa dan 4,2 (skor maksimal 5,00) berdasarkan respon guru;dan persentase pemahaman konsep peluang siswa sebesar 60% baik, 30% cukup, dan 10% kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ADDIE, macromedia flash, media pembelajaran, usability, peluang. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | I Kadek Andreastawa Putra |
Date Deposited: | 19 Oct 2020 01:11 |
Last Modified: | 19 Oct 2020 01:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4020 |
Actions (login required)
View Item |