KARUNI, NI WAYAN IRENA (2020) Profil Literasi Lingkungan Siswa SMA Negeri se-Provinsi Bali. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1613031030-COVER.pdf Download (513kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1613031030-ABSTRAK.pdf Download (71kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613031030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (137kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613031030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613031030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613031030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1613031030-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613031030-DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (154kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1613031030-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan profil literasi lingkungan siswa SMA se-Provinsi Bali secara umum, berdasarkan jenis kelamin, lokasi tempat tinggal, dan pendidikan orang tua. Dimensi dalam tes literasi lingkungan yang digunakan ialah pengetahuan (15 item), perhatian (15 item), sensitivitas (16 item), sikap (9 item), dan perilaku (8 item). Penelitian ini tergolong penelitian ex post facto dan pengumpulan data dilakukan dengan metode survei yang dilakukan secara daring untuk mengumpulkan data. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 450 siswa yang diperoleh dari perwakilan 50 siswa di tiap kabupaten/kota yang ada di Bali. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan t-test Independent sample dan ANOVA-satu jalur. Hasil pengujian deskriptif menunjukkan siswa memiliki tingkat sensitivitas dan perhatian yang tinggi pada lingkungan. Secara umum, tingkat literasi lingkungan siswa SMA di Provinsi Bali tergolong tinggi. Selain tingkat literasi lingkungan secara umum, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini ialah (a) terdapat perbedaan tingkat literasi lingkungan yang signifikan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, dengan tingkat literasi lingkungan siswa perempuan lebih tinggi daripada laki-laki; (b) terdapat perbedaan tingkat literasi lingkungan yang signifikan antara siswa yang tinggal di desa dan siswa yang tinggal di kota, dengan tingkat literasi lingkungan siswa yang tinggal di kota lebih tinggi dibanding siswa yang tinggal di desa; (c) terdapat perbedaan tingkat literasi lingkungan yang signifikan antara siswa yang orang tuanya tidak sekolah, lulusan SD, lulusan SMP, lulusan SMA, dan lulusan perguruan tinggi, dengan siswa yang ayahnya lulusan perguruan tinggi dan ibunya lulusan SMP memiliki tingkat literasi lingkungan yang lebih tinggi dibanding dengan yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gender, literasi lingkungan, lokasi tempat tinggal, pendidikan orang tua |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Kimia > Program Studi Pendidikan Kimia (S1) |
Depositing User: | NI WAYAN IRENA KARUNI |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 03:33 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 03:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4226 |
Actions (login required)
View Item |