PENGEMBANGAN MEDIA PANGGUNG BONEKA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 1 DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020

Sweniti, Dayu (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PANGGUNG BONEKA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK KELOMPOK B TK KEMALA BHAYANGKARI 1 DENPASAR TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611061052-COVER .pdf

Download (737kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611061052-abstrak.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611061052-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (330kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1611061052-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENDIDIKAN)
1611061052-BAB 3 METODELOGI PENDIDIKAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611061052-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611061052-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611061052-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (293kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611061052- LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Interaksi sosial anak merupakan perkembangan sosial yang dipengaruhi dari faktor keluarga maupun lingkungan, karena dilingkungan anak dapat memperoleh pengalaman-pengalaman interaksional yang memungkinkan berlangsungnya suatu proses perkembangan, dimana pada anak usia dini telah memiliki sikap toleran, selain itu anak dapat mengembangkan potensinya dalam lembaga-lembaga sosial lainnya, sehingga anak semakin lebih berkembang untuk menuju kehidupan yang lebih baik sebagai makhluk sosial.Penggunaan media pembelajaran sangat bermanfaat baik untuk peserta didik maupun untuk guru dalam meningkatkan kemampuan interaksi sosial. Selain itu penggunaan media juga dapat menjadikan anak lebih bersemangat dan termotivasi serta anak menjadi aktif dan memperoleh ilmu pengetahuan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Merancang media pembelajaran panggung boneka interaktif pada tema keluarga/anggota keluarga, (2) Mengetahui tingkat kelayakan media panggung boneka untuk anak kelompok B TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar dari ahli materi dan ahli media pembelajaran, dan (3) Mengetahui respon guru dan peserta didik terhadap pengembangan media panggung boneka interaktif yang digunakan.Dalam penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap Define, Design, Development, Disseminate. Dimana dalam penelitian ini peneliti akan melibatkandosen dan kepala sekolah sebagai ahli materi danahli desain media pembelajaran sebagai validatornya. Dan yang menjadi subjek penelitian ini adalah guru TK Kemala Bhayangkari 1 Denpasar sebanyak 6 orang. Dilihat dari hasil uji coba yang dilakukan oleh validator ahli materi diperoleh skor dengan persentase 86%, dimana skor tersebuttergolong dengan kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak digunakan. Dan hasil ujicoba yang dilakukan oleh validator ahli media pembelajaran diperoleh dengan skor persentase 85% yang termasuk kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Sedangkan hasil yang diperoleh dari respon penggunaan produk yang dilakukan olehenam orang guru TK dengan diperoleh persentase skor 86,11% dimana, skor tersebut termasuk dalam kategori sangat baikdengan keterangan sangat layak. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut maka dinyatakan bahwa media pembelajaran panggung Boneka Interaktif yang telah dikembangkan dapat digunakan di TK sebagai media pembelajaran. Dengan tujuan untuk mempermudah guru dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: media pembelajaran,interaksi sosial, panggung boneka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: media pembelajaran,interaksi sosial, panggung boneka
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ida Ayu Putu Sweniti
Date Deposited: 25 Oct 2020 02:51
Last Modified: 25 Oct 2020 02:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4465

Actions (login required)

View Item View Item