Widiasih, Putu Sri (2020) The Implementation of School Literacy Movement in SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021156-COVER.pdf Download (619kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021156-ABSTRAK.pdf Download (103kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021156-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (130kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021156-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021156-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021156-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021156-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021156-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021156-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan program literasi sekolah di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Data campuran digunakan karena data di analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Desain triangulasi digunakan untuk merancang penelitian ini. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa di SMP Laboratorium Undiksha Singaraja. Data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara dan pengambilan gambar menggunakan smartphone dan data kuantitatif dikumpulkan melalui angket motivasi membaca dan kebiasaan membaca. Temuan pertama penelitian menunjukkan bahwa sumber keuangan diperoleh dari dana rutin dan dana pribadi berupa dana BOS dan donasi buku. Temuan kedua tentang sumber waktu berada bahwa siswa membaca buku buku sekitar 15 menit sebelum ke pembelajaran inti dimulai sementara sekolah ini mempunyai jadwal khusus untuk pengimplementasian prohram literasi di luar kelas yang disebut Jumat Ceria. Temuan ketiga dari penelitian ini menunjukkan bahwa sumber daya fasilitas berupa perpustakaan, ruang laboratorium, pojok baca, dan area multimedia dalam kondisi yang baik dan dapat diguanakan untuk mendukung program literasi. Temuan keempat menunjukkan bahwa proses implementasi dilakukan dengan 3 tahapan; tahapan pengenalan, tahapan implementasi, dan tahap pembudayaan. Tahap pengenalan dilaksanakan melalui mengecek reading log, dan siswa membaca buku cerita terkait topik. Tahap implementasi dilaksanakan melalui guru membaca poster, siswa membaca poster, membuat poster, comic strip, dan membuat reading respond journal. Tahap pembudayaan dilaksanakan melalui menginput nilai di rewarding chart, reading rocket chart, dan pemberian sertifikat. Temuan kelima tentang pengukuran hasil yaitu melalui evaluasi guru, memeriksa proyek siswa, memeriksa kinerja siswa, prestasi siswa dan guru, memeriksa kunjungan perpustakaan, dan prestasi siswa dalam ujian nasional. Selanjutnya, temuan keenam menunjukkan bahwa pengaruh motivasi dalam motivasi membaca dan kebiasaan membaca dalam kategori cukup baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gerakan literasi membaca1, literasi2. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Putu Sri Widiasih |
Date Deposited: | 10 Nov 2020 02:20 |
Last Modified: | 10 Nov 2020 02:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4476 |
Actions (login required)
View Item |