Hadie, Kadek Indri Putri Mirah (2020) THE IMPLEMENTATION OF TASK BASED ENGLISH LANGUAGE TEACHING FOR GRADE 1 ELEMENTARY SCHOOL AT BALI KIDDY SCHOOL. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829081039-COVER.pdf Download (921kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829081039-ABSTRAK.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081039-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081039-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081039-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081039-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081039-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081039-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829081039-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Kadek Indri Putri Mirah Hadie (2020), Implementasi Pembelajaran Berbasis Tugas Untuk Kelas 1 Sekolah Dasar di SD Bali Kiddy, Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Studi Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini menggunakan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui (a) berbagai tipe TBLT yang diterapkan guru dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas 1 di Bali Kiddy School, (b) mendeskripsikan tata cara penerapan TBLT dalam pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, (c) mendeskripsikan instrumen yang digunakan untuk menilai prestasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris, (d) menjelaskan prestasi siswa terhadap bahasa Inggris setelah menerapkan TBLT, dan (e) menjelaskan masalah yang dihadapi guru saat mengajar menggunakan TBLT di kelas. Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Inggris Berbasis Tugas dilaksanakan untuk kelas 1 SD di Bali Kiddy School. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif sebagai metode penelitian. Subjek penelitian adalah empat guru siswa kelas 1 di Bali Kiddy School. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data wawancara, observasi, checklist, angket terbuka dan pedoman wawancara semi terstruktur. Analisis data menggunakan analisis deskriptif melalui kuesioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) ada enam jenis tugas yang dilaksanakan dalam penelitian ini, yaitu membuat daftar, menyusun dan memilah, membandingkan, pemecahan masalah, berbagi pengalaman pribadi, dan tugas kreatif; b) Ada tiga tahapan yang diterapkan dalam penerapan TBLT, yaitu pra tugas, saat tugas, dan pasca tugas; c) prestasi belajar siswa setelah diajar dengan menggunakan TBLT baik; d) jenis asesmen dan rubrik asesmen yang digunakan guru adalah asesmen formatif, asesmen sumatif, asesmen berbasis proses, dan asesmen kinerja. Instrumen yang digunakan untuk melakukan penilaian adalah tes tertulis, kuis dan rubrik; e) Ada tiga kendala yang dihadapi guru saat menerapkan TBLT, yaitu fokus dan konsentrasi siswa dalam mengerjakan tugas, perbedaan jenis prestasi siswa di setiap kelas, kurangnya dukungan orang tua siswa dalam belajar bahasa Inggris. Singkatnya, penerapan pendekatan TBLT menunjukkan dampak positif pada tingkat kecakapan bahasa Inggris siswa. Dengan mempromosikan kegiatan yang menyenangkan dan gaya belajar yang berpusat pada siswa, ini membantu siswa untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mereka. Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Tugas, Guru kelas 1, Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis Tugas, Guru kelas 1, Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Kadek Indri Putri Mirah Hadie |
Date Deposited: | 28 Oct 2020 07:54 |
Last Modified: | 28 Oct 2020 07:54 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4655 |
Actions (login required)
View Item |