Pengembangan Konten Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Menggunakan Scratch Berbasis Local Genius (Studi Kasus : SMP Negeri 6 Singaraja)

Neni Sundali, Linda (2020) Pengembangan Konten Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Menggunakan Scratch Berbasis Local Genius (Studi Kasus : SMP Negeri 6 Singaraja). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1615051042_COVER.pdf

Download (986kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1615051042_ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051042_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051042_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051042_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051042_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051042_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051042_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1615051042_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan konten mata pelajaran Informatika kelas VII menggunakan scratch berbasis local genius. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menerapkan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII 9 dan guru mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 6 Singaraja. Pengambilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan angket atau kuisoner. Hasil penelitian menunjukkan untuk uji kevalidan konten pembelajaran dari hasil perhitungan validasi ahli yaitu ahli isi, media dan desain pembelajaran mendapatkan rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan nilai N-Gain untuk memperoleh keefektifan konten mata pelajaran Informatika yaitu 0,75 dengan kriteria efektif serta hasil rata-rata respon guru untuk mendapatkan kepraktisan konten pembelajaran sebesar 46 dengan kriteria sangat praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Informatika, Scratch, Local Genius, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: LINDA NENISUNDALI
Date Deposited: 02 Nov 2020 03:42
Last Modified: 02 Nov 2020 03:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item View Item