Neni Sundali, Linda (2020) Pengembangan Konten Mata Pelajaran Informatika Kelas VII Menggunakan Scratch Berbasis Local Genius (Studi Kasus : SMP Negeri 6 Singaraja). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1615051042_COVER.pdf Download (986kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1615051042_ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1615051042_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1615051042_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1615051042_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (893kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1615051042_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1615051042_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1615051042_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1615051042_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan konten mata pelajaran Informatika kelas VII menggunakan scratch berbasis local genius. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang menerapkan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII 9 dan guru mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 6 Singaraja. Pengambilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan angket atau kuisoner. Hasil penelitian menunjukkan untuk uji kevalidan konten pembelajaran dari hasil perhitungan validasi ahli yaitu ahli isi, media dan desain pembelajaran mendapatkan rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan nilai N-Gain untuk memperoleh keefektifan konten mata pelajaran Informatika yaitu 0,75 dengan kriteria efektif serta hasil rata-rata respon guru untuk mendapatkan kepraktisan konten pembelajaran sebesar 46 dengan kriteria sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Informatika, Scratch, Local Genius, ADDIE |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | LINDA NENISUNDALI |
Date Deposited: | 02 Nov 2020 03:42 |
Last Modified: | 02 Nov 2020 03:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4683 |
Actions (login required)
View Item |