Geni, Komang Hendra Yoga Wijaya (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV di SD Negeri 1 Paket Agung Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611021022-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611021022-ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021022-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021022-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021022-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021022-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021022-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021022-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611021022-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun multimedia interaktif berpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), dan untuk mengetahui validitas multimedia interaktif berpendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) menurut para ahli dan uji coba produk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan metode pencatatan dokumen dan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) rancang bangun multimedia interaktif berpendekatan kontekstual meliputi 5 tahapan pengembangan yaitu: tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development), tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (evaluation). (2) multimedia interaktif berpendekatan kontekstual dinyatakan valid melalui: (a) hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (97,49%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (97,27%), (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan kualifikasi sangat baik (96,92%), (d) hasil uji coba perorangan dengan kualifikasi sangat baik (96,11%), dan (e) hasil uji coba kolompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (98,3%). Secara umum hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia interaktif valid dengan kualitas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian ini yaitu agar multimedia interaktif ini dapat digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa serta mempermudah dalam memahami materi pelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kontekstual, multimedia interaktif, pengembangan |
Subjects: | L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | KOMANG HENDRA YOGA WIJAYA GENI |
Date Deposited: | 01 Nov 2020 22:36 |
Last Modified: | 01 Nov 2020 22:36 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4706 |
Actions (login required)
View Item |