STUDY OF THE STUDENTS' READING COMPETENCY ON HIGHER ORDER ITEMS IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL IN DENPASAR

Kusuma Rini, Ni Kadek Ratna (2020) STUDY OF THE STUDENTS' READING COMPETENCY ON HIGHER ORDER ITEMS IN THE JUNIOR HIGH SCHOOL IN DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1829081013-COVER.pdf

Download (883kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1829081013-ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (381kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (622kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1829081013-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi membaca siswa dan membandingkan secara simultan kompetensi membaca siswa pada item berpikir tingkat tinggi (HOTS) antar kelas, genre teks, dan indikator membaca siswa kelas VII di SMP Negeri 10 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020. Rancangan yang diterapkan adalah deskriptif untuk menjawab pertanyaan penelitian pertama dan penelitian komparatif untuk menjawab pertanyaan penelitian kedua. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah tes kompetensi membaca. Data tersebut kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan menerapkan statistik parametrik, yaitu: 1) pengukuran tendensi sentral, 2) pengukuran dispersi, dan 3) perbandingan simultan. Penelitian ini menggunakan teknik One Way ANOVA sebagai analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi One Way ANOVA terhadap Kompetensi Membaca siswa adalah 0,94. Angka signifikansinya lebih tinggi dari 0,05. Akibatnya, kompetensi membaca materi berpikir tingkat tinggi tidak signifikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar kompetensi siswa dalam menjawab soal-soal yang memuat butir-butir berpikir tingkat tinggi masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya siswa yang mampu memahami dan menemukan jawaban yang benar dari ide pokok dan ide spesifik dalam membaca. Penyebab ketidakmampuan membaca siswa yang paling banyak ditemukan antara lain siswa kurang terlatih dalam menghadapi materi berpikir tingkat tinggi, guru EFL kurang kompeten untuk mengerjakan soal berpikir tingkat tinggi, dan indikator teks tidak dibahas secara menyeluruh selama kelas membaca. Kurangnya pemahaman kosakata dalam bahasa Inggris juga menjadi salah satu kendala bagi siswa dalam memahami konten yang terdapat pada materi berpikir kritis di dalamnya. Hasilnya, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas, teks, dan indikator berdasarkan analisis deskriptif dan inferensial. Hal tersebut menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menjawab soal tes kompetensi membaca tingkat tinggi. Berdasarkan hasil kompetensi membaca siswa lintas indikator yang menunjukkan hasil yang berbeda di setiap indikator. Dimulai dengan Gagasan Utama yang disimpulkan serendah atau sama dengan 11,91. Sedangkan Ide Spesifik dikategorikan rendah atau sama dengan 11,79. Selanjutnya Referensi Tekstual disimpulkan rendah atau sama dengan 12,03. Dan akhirnya Arti Kata tersebut disimpulkan menjadi rendah atau sama dengan 13.00 berdasarkan rumus Nurkancana & Sunartana (2011).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: membaca kritis kompetensi membaca item tingkat tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: Ni Kadek Ratna Kusuma Rini
Date Deposited: 05 Nov 2020 00:43
Last Modified: 05 Nov 2020 00:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/4762

Actions (login required)

View Item View Item