The Identification of Reinforcement Used by English Teacher for Students with Autism Spectrum Disorder (ASD) at Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Denpasar

Supariani, Ni Ketut Lilis Ayu (2021) The Identification of Reinforcement Used by English Teacher for Students with Autism Spectrum Disorder (ASD) at Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Denpasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1612021095-COVER.pdf

Download (829kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1612021095-ABSTRACT.pdf

Download (348kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021095-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021095- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1612021095-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021095-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021095-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021095-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1612021095-LAMPIRAN.pdf

Download (972kB)

Abstract

ABSTRAK Siswa berkebutuhan khusus perlu diajar dengan pendidikan khusus, Alkahtani (2016), hal ini disebabkan karena, siswa dengan kebutuhan khusus tidak dapat digabungkan dengan siswa di sekolah umum saat melakukan kegiatan pembelajaran, Arrah dan Swain (2014). Autism Spectrum Disorder merupakan salah satu siswa dengan kebutuhan khusus yang membutuhkan perhatian lebih selama kegiatan dikelas, Deleon, et al., (2014). Dalam hal ini, penguatan diperlukan sebagai strategi untuk mengelola perilaku siswa dan juga menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran, (Pratiwi, et al., 2018). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis penguatan yang digunakan oleh guru di SLB Negeri 1 Depasar, guna mengetahui jenis penguatan yang biasa digunakan oleh Guru Bahasa Inggris untuk siswa dengan Gangguan Austisme dan bagaimana penerapan penguatan yang digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SLB Negeri 1 Denpasar. Penelitian ini menggunakan daftar penguatan, pedoman wawancara dan rekaman audio untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada 3 jenis penguatan yang biasa digunakan guru, yaitu penguatan verbal positif, penguatan non verbal positif, dan penguatan berupa benda. Pelaksanaannya dilihat dari kebutuhan siswa antara lain: menarik minat siswa, menghargai dan mengontrol perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Siswa Kebutuhan Pendidikan Khusus (SEN), Autism Spectrum Disorder (ASD), dan Reinforcement
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Ni Ketut Lilis Ayu Supariani
Date Deposited: 16 Feb 2021 04:37
Last Modified: 16 Feb 2021 04:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5039

Actions (login required)

View Item View Item