PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED-LEARNING BERBANTUAN COMPUTER-BASED-TEST (CBT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUTA

Priwitasari, Putu (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED-LEARNING BERBANTUAN COMPUTER-BASED-TEST (CBT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUTA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (1629051010-COVER)
1629051010-Cover.pdf

Download (488kB)
[img] Text (1629051010-ABSTRAK)
1629051010-Abstrak.pdf

Download (298kB)
[img] Text (1629051010-BAB 1 PENDAHULUAN)
1629051010-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (254kB)
[img] Text (1629051010-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629051010-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (1629051010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629051010-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (1629051010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629051010-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB) | Request a copy
[img] Text (1629051010-BAB 5 PENUTUP)
1629051010-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (1629051010-DAFTAR PUSTAKA)
1629051010-Daftar Pustaka.pdf

Download (223kB)
[img] Text (1629051010-LAMPIRAN)
1629051010-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 2 Kuta ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem-based-learning berbantuan computer-based-test (CBT) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematika siswa. Penelitian ekperimen semu ini menggunakan disain post-test only control group design pada populasi siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Kuta yang tersebar ke dalam 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 392 orang. Selanjutnya, metode cluster random sampling digunakan untuk menetapkan kelas X MIA 3 dan kelas X MIA 5 sebagai sampel penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Data penelitian ini berupa data pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa masing-masing dikumpulkan dengan tes essai dan kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan uji Manova. Hasil analisis data menujukkan bahwa nilai F dari uji wilks lambda sama dengan 11,488 dengan nilai signifikasi 0,000. Jika nilai signifikansi 0,000 dibandingkan dengan alpha 0,05 maka nilai tersebut jauh lebih kecil dan dapat diputuskan untuk menolak H0. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PBL berbantuan CBT berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kuta.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Problem-Based-Learning, Computer-Based-Test, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Putu Priwitasari
Date Deposited: 22 Feb 2021 02:35
Last Modified: 22 Feb 2021 02:35
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5394

Actions (login required)

View Item View Item