Priwitasari, Putu (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED-LEARNING BERBANTUAN COMPUTER-BASED-TEST (CBT) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KUTA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1629051010-COVER)
1629051010-Cover.pdf Download (488kB) |
|
Text (1629051010-ABSTRAK)
1629051010-Abstrak.pdf Download (298kB) |
|
Text (1629051010-BAB 1 PENDAHULUAN)
1629051010-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (254kB) |
|
Text (1629051010-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1629051010-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text (1629051010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1629051010-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (403kB) | Request a copy |
|
Text (1629051010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1629051010-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (503kB) | Request a copy |
|
Text (1629051010-BAB 5 PENUTUP)
1629051010-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (1629051010-DAFTAR PUSTAKA)
1629051010-Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) |
|
Text (1629051010-LAMPIRAN)
1629051010-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 2 Kuta ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem-based-learning berbantuan computer-based-test (CBT) terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar matematika siswa. Penelitian ekperimen semu ini menggunakan disain post-test only control group design pada populasi siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Kuta yang tersebar ke dalam 11 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 392 orang. Selanjutnya, metode cluster random sampling digunakan untuk menetapkan kelas X MIA 3 dan kelas X MIA 5 sebagai sampel penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 72 orang. Data penelitian ini berupa data pemecahan masalah matematika dan kemandirian belajar siswa masing-masing dikumpulkan dengan tes essai dan kuesioner yang selanjutnya dianalisis dengan uji Manova. Hasil analisis data menujukkan bahwa nilai F dari uji wilks lambda sama dengan 11,488 dengan nilai signifikasi 0,000. Jika nilai signifikansi 0,000 dibandingkan dengan alpha 0,05 maka nilai tersebut jauh lebih kecil dan dapat diputuskan untuk menolak H0. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model PBL berbantuan CBT berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar siswa SMA Negeri 2 Kuta.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem-Based-Learning, Computer-Based-Test, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Putu Priwitasari |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 02:35 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 02:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5394 |
Actions (login required)
View Item |