Juniatri, Maria Goreti (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOMODO. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (Cover)
1629061009-COVER.pdf Download (456kB) |
|
Text (Abstrak)
1629061009-ABSTRAK.pdf Download (104kB) |
|
Text (Bab 1 Pendahuluan)
1629061009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (213kB) |
|
Text (Bab 2 Kajian Teori)
1629061009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3 Metodelogi Penelitian)
1629061009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4 Hasil dan Pembahasan)
1629061009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5 Penutup)
1629061009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (107kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
1629061009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (272kB) |
|
Text (Lampiran)
1629061009-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian inibbertujuan untuk mendeskripsikanndan menjelaskan (1) perbedaan hasilmbelajar fisika antaramsiswa yang belajarddengan menerapkan model pembelajaran brain-based learning dan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruhointeraksi antara model pembelajaranddan kemampuan berpikirkkritis terhadap hasilbbelajar fisika. Siswa kelas X SMA Negeri 1 Komodo tahun pelajaran 2019/2020 sejumlah 120 orang dan terbagi ke dalam 4 kelas menjadi populasi penelitian ini. Pemilihan sampel menggunakan random asigment dengan cara undian. Berdasarkan hasil pengundian diperoleh sampel, yaitu satu kelompok siswa kelas X MIA 3 sebagai kelompokeeksperimen dan satu kelompok siswa Kelas X MIA 4 sebagai kelompokkkontrol dan jumlahssampel yang digunakan adalah dua kelas dengan jumlah siswa 60 orang. Reliabilitas tes hasilbbelajar dan kemampuaniberpikir kritis secara berurutan adalah sebesar 0,688 dan 0,632 berada pada kategori tinggi. Pengujiannhipotesis penelitian menggunakannUji F melalui Anava dua jalur. Hasilppenelitian menunjukkan: (1) terdapatpperbedaan signifikan hasilbbelajar fisika antaraasiswa yang mengikuti brain-based learning dengan konvensional. Nilai siginifikan dari model pembelajaran adalah 0,000 (0,000 < 0,05). Siswa yangnmenggunakan modelbbrain-based learning memperoleh nilaimrata-rata 86,56 dengan standarmdeviasi 8,05, sedangkan siswaayang belajarddengan menggunakan modelppembelajaran konvensional memperoleh nilairrata-rata hasil belajar fisika 67,22 dengan standarddeviasi 7,74; (2) tidak terdapatppengaruh interaksi yang signifikan antara modelppembelajaran brain-based learningddan kemampuannberpikir kritissterhadap hasilbbelajar fisika siswa. Nilai siginifikan dari variabel interaksi modelppembelajaran dengan kemampuannberpikir kritis adalah 0,690 (0,690 > 0,05). Berdasarkan temuan tersebut dapatddisimpulkan bahwa terdapatppengaruh signifikan model pembelajaran brain-based learning terhadap hasil belajar fisika dan tidak terdapatppengaruh interaksi yang signifikan antara modelppembelajaran brain-based learningddan kemampuannberpikir kritis terhadap hasilbbelajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Brain Based Learning, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Maria Goreti Juniatri |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 07:35 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 07:35 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5410 |
Actions (login required)
View Item |