PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMA KELAS X

Adiningsih, Sang Ayu (2021) PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI SMA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011056-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011056-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011056-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011056-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011056-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011056-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011056-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011056-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011056-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sistem persamaan linear tiga variabel berbasis pemecahan masalah untuk pembelajaran Matematika SMA kelas X. Pengembangan modul matematika ini mengunakan tahapan-tahapan dari model four-D (4D), yaitu: (1) pendefinisian (define); (2) perancangan (design); (3) pengembangan (development); dan (4) penyebaran (disseminate).Modul sistem persamaan linear tiga variabeldisajikan berdasarkan permasalahan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.Pengumpulan data menggunakan instrumen (kuisioner) yang berupainstrumen validasi ahli materi, intrumen validasi ahli desain, dan instrument penilaian respon siswa (praktikalitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul system persamaan linear tiga variabel berbasis pemecahan masalah matematika dinyatakan valid dengan hasil validitas yang diperoleh adalah 4,2 masuk ke interval X ≥ 4.00 dengan nilai A kategori sangat baik. Kemudian modul sistem berbasis pemecahan masalah matematika telah praktis untuk digunakan setelah diujicoba kepraktisannya kepada beberapa siswa kelas X melalui via online, dengan hasil praktikalitas yang diperoleh adalah 4,1 masuk ke interval X ≥ 4.00 dengan nilai A kategori sangat baik. Sehingga modul pembelajaran ini dinyatakan layak untuk diujicobakan lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: 4D, Modul Pembelajaran, Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, Pemecahan Masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: SANG AYU ADININGSIH
Date Deposited: 24 Feb 2021 01:29
Last Modified: 24 Feb 2021 01:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5449

Actions (login required)

View Item View Item