Ariningsih, Ni Ketut Devi (2021) THE EFFECT OF E-PORTFOLIO IN PROJECT-BASED LEARNING TOWARD LEARNER AUTONOMY AND WRITING COMPETENCY AT X MIPA STUDENTS OF SMA NEGERI 7 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1829081010-COVER.pdf Download (603kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1829081010-ABSTRAK.pdf Download (330kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1829081010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (583kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1829081010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1829081010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (993kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1829081010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1829081010-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (410kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1829081010-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (648kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1829081010-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Ariningsih Ni Ketut Devi (2021), Pengaruh E-Portofolio dalam Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemandirian Belajar Siswa dan Kemampuan Menulis pada siswa X MIPA di SMA Negeri 7 Denpasar. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah dikoreksi dan disetujui oleh: Pembimbing 1: Prof. Dra. Luh Putu Artini, M.A., Ph.D Pembimbing 2: Dr. Ni Putu Era Marsakawati, S.Pd., M.Pd Kata kunci: e-portfolio, pembelajaran berbasis proyek, kemandirian belajar siswa, kemampuan menulis Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-portfolio dalam pembelajaran berbasis proyek terhadap kemandirian belajar siswa dan kemampuan menulis yang dialami siswa X MIPA SMA Negeri 7 Denpasar. Populasinya adalah sebelas kelas; dua kelas diambil sebagai sampel penelitian. Sampel ditentukan melalui random sampling. Jumlah sampel sebanyak 80 siswa. Kelas X MIPA 7 terpilih sebagai kelompok eksperimen, diajar dengan menggunakan e-portfolio dalam strategi pembelajaran berbasis proyek dan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok control, diajar dengan menggunakan strategi konvensional. Desain penelitian adalah post-test only control group design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner dan tes menulis. Kuisioner digunakan untuk menguji kemandirian belajar siswa, sedangkan tes menulis digunakan untuk menguji kemempuan menulis siswa. Data dianalisis dengan menggunakan One-way Anova dan Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan dari e-portfolio dalam pembelajaran berbasis proyek terhadap kemandirian belajar siswa, (2) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi menulis siswa. Nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan e-portfolio dalam strategi pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi daripada nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan strategi konvensional, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap kemandirian siswa dan kompetensi menulis pada siswa. Temuan ini juga mengungkapkan bahwa e-portfolio dalam pembelajaran berbasis proyek berpotensi meningkatkan kreativitas siswa, keterampilan pemecahan masalah dan komunikasi melalui keterampilan teknologi. Oleh karena itu, guru disarankan untuk mempromosikan penggunaan e-portfolio dalam pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan kemandirian siswa dan kompetensi menulis.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-portfolio, pembelajaran berbasis proyek, kemandirian belajar siswa, kemampuan menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2) |
Depositing User: | Ni Ketut Devi Ariningsih |
Date Deposited: | 24 Feb 2021 00:53 |
Last Modified: | 24 Feb 2021 00:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5515 |
Actions (login required)
View Item |