Mulana, I Made Bawa (2021) PENGARUH IMPLEMENTASI ASESMEN KINERJA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DENGAN MENGONTROL KECERDASAN LOGIS MATEMATIS. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1339011003-COVER)
1339011003-COVER.pdf Download (704kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1339011003-ABSTRAK.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1339011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (719kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1339011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1339011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1339011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1339011003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1339011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (507kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1339011003-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh implementasi asesmen kinerja terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari gaya kognitif dengan mengontrol kecerdasan logis matematis. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa SMA Negeri di Kecamatan Buleleng menggunakan metode eksperimen dengan treatment by level 2 × 2. Penelitian ini melibatkan 144 orang siswa SMA kelas X MIPA sebagai sampel penelitian, yang diambil dengan teknik random sampling. Data dianalisis dengan analisis kovarians univariat dengan bantuan program IBMSPSS24.0 for Windowspada taraf signifikansi () = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen kinerja dansiswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen konvensional setelah mengontrol kecerdasan logis matematis, 2) terdapat pengaruh interaksi antara bentuk asesmen dengan gaya kognitif terhadap hasil belajar matematika setelah mengontrol kecerdasan logis matematis, 3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen kinerja dansiswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen konvensional setelah mengontrol kecerdasan logis matematis pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent, dan 4) terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen kinerja dansiswa yang mengikuti pembelajaran dengan asesmen konvensional setelah mengontrol kecerdasan logis matematis pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa asesmen kinerja dan gaya kognitif mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika, setelah mengontrol kecerdasan logis matematis.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asesmen kinerja, hasil belajar matematika, gaya kognitif, kecerdasan logis matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | I Made Bawa Mulana |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 06:50 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 06:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5664 |
Actions (login required)
View Item |