Ladis, Ni Wayan Sri (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 2 BANJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTED MATHEMATICS PROJECT (CMP) BERBANTUAN PETA KONSEP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1413011028-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1413011028-ABSTRAK.pdf Download (169kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1413011028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (383kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1413011028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1413011028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1413011028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1413011028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1413011028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1413011028-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemapuan komunikasi matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran connected mathematics project (CMP) berbatuan peta konsep dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran tersebut. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dalam tiga siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari tahap perencanaan,pelaksanaan tindakan,observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Banjar sebanyak 34 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terjadi peningkatan rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematis siswa dari 34,85; 60,69; 70,76; dan 76,59 pada refleksi awal, siklus I, II, dan III. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa disebabkan oleh upaya perbaikan yang dilaksanakan pada setiap siklus. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa terjadi karena model pembelajaran connected mathematics project (CMP) berbantuan peta konsep memiliki keunggulan pada setiap tahapnya memberikan siswa kesempatan untuk mengajukan masalah, mengeklorasi, dan menyimpulkan. Proses pembelajaran yang dilaksanakan menjadikan siswa belajar secara bermakna sehingga siswa lebih ingat dan lebih paham dalam jangka waktu yang lama. Hal ini berdampak pada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. (2) Tanggapan siswa terhadap model pembelajaran connected mathematics project (CMP) berbantuan peta konsepdalam pembelajaran berada dalam kategori sangat positif dengan rata-rata skor tanggapan siswa adalah 64,97.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP), Peta Konsep, Kemampuan Komunikasi Matematis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Sri Ladis |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 02:07 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 02:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5713 |
Actions (login required)
View Item |