SELF-DIRECTED LEARNING IN EFL DURING COVID-19 PANDEMIC: AN ANALYSIS OF TEACHER’S PERCEPTIONS AND STUDENTS’ LEARNING AUTONOMY IN SMAN 4 SINGARAJA

Setiawahyudi, Gede (2021) SELF-DIRECTED LEARNING IN EFL DURING COVID-19 PANDEMIC: AN ANALYSIS OF TEACHER’S PERCEPTIONS AND STUDENTS’ LEARNING AUTONOMY IN SMAN 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021044-COVER.pdf

Download (817kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021044-ABSTRAK.pdf

Download (288kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (163kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021044-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021044-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021044-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Fokus penelitian ini adalah menganalisis persepsi guru tentang self-directed learning, untuk mengamati kegiatan yang diberikan oleh guru dalam mengimplementasikan self-directed learning di kelas daring, dan mengidentifikasi komponen self-directed learning dari kegiatan yang diberikan oleh guru. Metode campuran antara desain kualitatif dan kuantitatif digunakan sebagai desain di mana yang lebih dominan adalah data kualitatif dalam penelitian ini. SMA Negeri 4 Singaraja dipilih sebagai tempat penelitian dan hanya dipilih satu guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas sepuluh sebagai subjek dalam penelitian ini. Peneliti, kuesioner, lembar pengamatan dan tabel identifikasi digunakan sebagai instrumen dalam penelitian ini. Kuesioner yang digunakan menunjukkan bahwa guru-menilai dirinya memiliki pengetahuan yang tinggi tentang self-directed learning tetapi pada fakta pengamatan menunjukkan bahwa guru tidak dapat menerapkan dengan baik pengetahuan itu ke dalam pembelajaran daring. Data tersebut menunjukkan ketidakcocokan antara persepsi guru dan kegiatan dari self-directed learning yang ditugaskan kepada siswa dalam pembelajaran daring. Aspek lain dari self-directed learning seperti peran self-directed learning dalam meningkatkan kemampuan siswa, persepsi siswa tentang self-directed learning dan lainnya dapat dianalisis dalam penelitian berikutnya yang membuat penelitian ini dapat terus dilakukan. Kata kunci : self-directed learning, persepsi guru, pembelajaran daring, pembelajaran abad ke-21, aktifitas guru, aktifitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self-directed learning, persepsi guru, pembelajaran daring, pembelajaran abad ke-21, aktifitas guru, aktifitas siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Gede Setia Wahyudi
Date Deposited: 25 Feb 2021 07:56
Last Modified: 25 Feb 2021 07:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5754

Actions (login required)

View Item View Item