Suryani, Ida Ayu Kade (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA DISERTAI ASSESMEN AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER KELAS X SMK. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1823011016-COVER.pdf Download (272kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1823011016-ABSTRAK.pdf Download (31kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1823011016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (117kB) |
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1823011016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1823011016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (343kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823011016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V PENUTUP)
18230110-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011016-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1283011016-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Suryani, Ida Ayu Kade. 2020. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Geogebra Disertai Asesmen Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Literasi Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Kelas X SMK. Kata-kata kunci: perangkat pembelajaran berbasis Geogebra, asesmen autentik, motivasi belajar, literasi matematika Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperoleh perangkat pembelajaran yang berkualitas valid, praktis, dan efektif, serta untuk mengetahui bagaimana pembelajaran berbasis Geogebra disertai asesmen autentik dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan literasi matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan Plomp. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kualitas valid, praktis, dan efektif. Dengan karakteristik Rpp yaitu, (1) memberikan petunjuk dan arahan kepada guru tentang langkah yang harus dilakukan guru selama kegiatan pembelajaran, (2) menggunakan bahasa yang jelas, logis, praktis dan sistematis untuk menghindari multitafsir jika rpp digunakan oleh guru lain, (3) diberikan alternatif penyelesaian permasalahan yang diajukan. Selain itu pula, motivasi dan kemampuan literasi matematika siswa mengalami peningkatan dengan pembelajaran berbasis Geogebra disertai asesmen autentik, dengan karakteristik pembelajaran yaitu sebagai berikut, (1) mengawali pembelajaran dengan mengaitkan masalah dalam kehidupan sehari-hari siswa dengan materi yang dipelajari, (2) siswa diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa lainnya, (3) siswa diberikan kesempatan dalam proses penemuan konsep, (4) guru memberikan penghargaan terhadap setiap hasil kerja siswa, dan (5) penilaian yang dilakukan secara kontinu pada setiap pertemuan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran berbasis Geogebra, asesmen autentik, motivasi belajar, literasi matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ida Ayu Kade Suryani |
Date Deposited: | 26 Feb 2021 08:58 |
Last Modified: | 26 Feb 2021 08:58 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/5953 |
Actions (login required)
View Item |