Mulia, Hakiki (2019) THE EFFECT OF CHAIN STORY TECHNIQUE ON SPEAKING SKILL OF TENTH GRADE STUDENTS AT SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021062-COVER.pdf Download (593kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021062-ABSTRAK.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1512021062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021062-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021062-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021062-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah ada pengaruh yang signifikan atau tidak pada kemampuan berbicara siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Singaraja yang diajar dengan menggunakan Teknik chain story dengan yang diajar menggunakan strategi konvensional (Presentasi). Penelitian eksperimen ini menggunakan desain Pre-test Post-test Control Group Design. Siswa kelas sepuluh SMA Negeri 2 Singaraja adalaj populasi dalam penelitian ini. Sampel penelitian dipilih menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Dua kelas dipilih sebagai sampel dalam penelitian ni. Sampel tersebut yakni kelas X MIPA 1 sebagai grup eksperimen dan kelas X MIPA 3 diperlakukan sebagai grup control. Grup eksperimen diajar dengan menggunakan Teknik chain story sementara kelompok kontrol diajar dengan menggunakan strategi konvensional (Presentasi). Ada tiga macam instrument yang digunakan dalam penelitian ini yakni, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan Speaking test dan speaking scoring rubric. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan inferential. Selain itu, effect size digunakan untuk melihat efek dari Teknik chain story terhadap kemampuan berbicara siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa siswa dalam grup eksperimen menunjukkan hasil lebih baik daripada siswa dalam grup kontrol. Hal ini dibuktikan oleh hasil statistik deskriptif yang menunjukkan nilai rata-rata dari grup eksperimen adalah 83.50 sedangkan nilai rata-rata dari grup kontrol adalah 79.71. Selain itu, Independent samples t-test juga digunakan untuk membandingkan nilai berbicara siswa antara grup eksperimen dan grup control dan juga untuk menganalisis hipotesis. Hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) = (0.02) lebih rendah dari standar alpha level (0.05). Dikarenakan nilai sig. (2-tailed) lebih kecil dari standar alpha level, ini bisa disimpulkan bahwa alternative hypothesis (Ha) diterima dan menolak null hypothesis (H0). Hasil menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan efek pada kemampuan berbicara siswa kelas sepuluh di SMA Negeri 2 Singaraja yang diajar dengan menggunakan chain story teknik dan yang diajar dengan menggunakan strategi konvensional (presentasi). Kata Kunci: Teknik chain story, kemampuan berbicara , penelitian eksperimental
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik chain story, kemampuan berbicara, penelitian eksperimental |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Hakiki Mulia |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 02:12 |
Last Modified: | 25 Oct 2019 02:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/604 |
Actions (login required)
View Item |