Oktaviani, Ni Putu Widya (2021) Korelasi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Komitmen Organisasional di SD Gugus Srikandi Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031197-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031197-ABSTRAK.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031197-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (430kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031197-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031197-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031197-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (768kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031197-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031197-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (661kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031197-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Komitmen guru dianggap sebagai salah satu komponen yang paling penting bagi sekolah. Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi komitmen guru, yaitu tipe kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap komitmen guru. Rancangan penelitian ini adalah ex-post facto. Teknik dalam pengambilan sempel ini menggunakan teknik sampling total dengan keseluruhan populasi sebagai subjek terteliti sejumlah 35 guru PNS. Data dikumpulkan menggunakan metode non tes dengan memberikan angket kepada seluruh guru PNS. Uji hipotesis pada peneltian ini dilakukan dengan uji analisis korelasi product moment dan uji analisis korelasi ganda setelah semua uji prasyarat terpenuhi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan antara tipe kepemimpinan kepala sekolah dan komitmen guru dengan rhitung = 0,811 ≥ rtabel = 0,334, terdapat korelasi positif yang signifikan antara budaya sekolah dan komitmen guru dengan rhitung = 0,914 ≥ rtabel = 0,334, serta terdapat korelasi positif yang signifikan tipe kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah terhadap komitmen guru dengan taraf signifikan 5% yaitu Fhitung = 81,44 ≥ Ftabel = 3,925. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tipe kepemimpinan kepala sekolah dan budaya sekolah berkorelasi terhadap komitmen guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Budaya Sekolah, Komitmen Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Widya Oktaviani |
Date Deposited: | 10 Jun 2021 01:42 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 01:42 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6203 |
Actions (login required)
View Item |