Mahotama, I Dewa Gde Aswin Wirya (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM SOLVING MATERI SUMBER ENERGI MUATAN IPA KELAS IV SD NEGERI 4 DALUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031226-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031226-ABSTRAK.pdf Download (108kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031226-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (458kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031226-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031226-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031226-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031226-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (117kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031226-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031226-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian Pengembangan ini didasari oleh latar belakang karena kurangnya sumber belajar sebagai fasilitas atau penunjang dalam kegiatan belajar, sesuai dengan kebutuhan dalam mengatasi permasalahan proses pembelajaran khususnya mata pelajaran IPA dirasa perlu adanya suatu inovasi baru dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih menarik, dan efektif serta efisien dalam pemanfaatannya, sehubungan dengan hal tersebut, dipandang perlu untuk mengembangkan media LKPD berbasis problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun LKPD berbasis problem solving materi sumber energi muatan IPA Kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 4 Dalung Tahun Ajaran 2020/2021. Dalam metode ini digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik metode non-tes dan kuesioner. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa rancang bangun media pembelajaran LKPD problem solving tahap awal dilakukan dengan menganalisis kebutuhan karakteristik siswa, menganalisis kebutuhan pembelajaran, dan Terdapat hasil akhir dari setiap uji validitas tersebut adalah terhadap ahli isi mata pelajaran diperoleh pencapaian hasil persentase 93% dengan kualifikasi sangat baik, sesuai dengan pernyataan yang telah disebarkan. Ahli desain pembelajaran memperoleh hasil persentase 92% dengan kualifikasi sangat baik. Ahli media pembelajaran dengan perolehan persentase sebesar 92% dengan kualifikasi sangat baik. Uji coba perorangan secara keseluruhan yang dicapai adalah sebesar 92,85% dengan kualifikasi sangat baik, sehingga layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Berdasarkan uji validitas tersebut pengembangan LKPD berbasis problem solving layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan LKPD, problem solving, materi muatan IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Dewa Gde Aswin Wirya Mahotama |
Date Deposited: | 16 Jun 2021 00:48 |
Last Modified: | 16 Jun 2021 00:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6215 |
Actions (login required)
View Item |