Astiti, Ni Wayan Padma (2021) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERORIENTASI NILAI KARAKTER PADA MUATAN PELAJARAN PPKN KELAS V SD NOMOR 2 KAPAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1711031267-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711031267-ABSTRAK.pdf Download (319kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031267-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031267-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031267-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031267-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031267-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (752kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031267-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (538kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711031267-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu ditemukan proses pembelajaran yang berlangsung belum optimal, belum interaktif, inspiratif, dan kurang memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, hal tersebut disebabkan dalam kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan rancang bangun dari produk media video animasi berorientasi nilai karakter, dan mengetahui hasil validasi menurut hasil review para ahli, dan uji coba perorangan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementatio, and Evaluation). Penelitian ini terbatas sampai tahap pengembangan, dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan untuk melibatkan banyak siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yakni kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Dalam pengembangan media video animasi berorientasi nilai karakter ini validitas media berdasarkan penilaian ahli isi mata pelajaran yaitu 92,5% dengann kualifikasi sangat baik, ahli desain pembelajaran memperoleh persentase 82,6% dengan kualifikasi baik, penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase 90,6% dengann kualifikasi sangat baik. Uji penggunakan melalui uji perorangan pada 3 orang siswa memperoleh persentase 93,3% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data uji produk oleh para ahli (ahli mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran) dan hasil uji subjek pengguna (siswa) disimpulkan bahwa media video animasi berorientasi nilai karakter ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada muatan pelajaran PPKn di kelas V SD nomor 2 Kapal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video Animasi, Nilai Karakter, PPKn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | NI WAYAN PADMA ASTITI |
Date Deposited: | 18 Jun 2021 01:28 |
Last Modified: | 18 Jun 2021 01:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6261 |
Actions (login required)
View Item |