PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MAPLET PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI SUDUT BERELASI UNTUK SISWA KELAS X

Saputrawan, Putu Arya (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MAPLET PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI SUDUT BERELASI UNTUK SISWA KELAS X. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613011062-COVER.pdf

Download (728kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613011062-ABSTRAK.pdf

Download (305kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613011062-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (539kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613011062-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613011062-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613011062-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613011062-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613011062-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613011062-LAMPIRAN.pdf

Download (744kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh media pembelajaran matematika berbasis maplet yang valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran yang dikembangkan untuk pokok bahasan perbandingan trigonometri sudut-sudut berelasi untuk siswa kelas X. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan desain 4D yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Validitas media pembelajaran matematika berbasis maplet yang dikembangkan dinilai oleh seorang ahli materi dan seorang ahli media melalui angket. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa media memperoleh rerata skor validitas ahli materi sebesar 4,67 dan rerata skor validitas ahli media sebesar 4,43. Rerata skor validitas ahli media dan ahli materi sama-sama lebih dari 4,20 sehingga memenuhi kriteria sangat valid. Uji coba terbatas dilaksanakan terhadap 17 siswa kelas X SMA bertujuan untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan. Rerata skor kepraktisan yang diberikan siswa dan guru sama-sama sebesar 4,33. Rerata skor kepraktisan yang dihasilkan lebih dari 4,20 sehingga media memenuhi tingkat kepraktisan sangat baik. Tingkat ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media sebesar 82,3%. Tingkat ketuntasan belajar siswa lebih dari 75% sehingga memenuhi kriteria efektif. Tahap penyebarluasan (disseminate) dilaksanakan melalui media sosial YouTube. Dari hasil analisis validitas, kepraktisan, dan efektivitas media, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis maplet yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, maplet, trigonometri, eksplorasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: PUTU ARYA SAPUTRAWAN
Date Deposited: 21 Jun 2021 06:10
Last Modified: 21 Jun 2021 06:10
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6281

Actions (login required)

View Item View Item