Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2019/2020

Sucipta, Komang Yoga Ari (2021) Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Singaraja Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1517011077-COVER.pdf

Download (662kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1517011077-ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1517011077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (292kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1517011077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1517011077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1517011077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1517011077-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1517011077-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1517011077-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial serta untuk mengetahui pengaruh secara simultan dari lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah kausal. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dan jumlah sampelnya adalah 77 siswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, dokumentasi dan observasi serta analisis data penelitian ini yaitu analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lingkungan sekolah berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig 0.016 < 0.05, (2) motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig 0.015 > 0.05, (3) lingkungan sekolah dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai sig. yang diperoleh adalah 0.015 < 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan sekolah, motivasi belajar, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Jurusan Ekonomi dan Akutansi > Program Studi Pendidikan EKonomi (S1)
Depositing User: KOMANG YOGA ARI SUCIPTA
Date Deposited: 02 Jul 2021 05:28
Last Modified: 02 Jul 2021 05:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6347

Actions (login required)

View Item View Item