THE EFFECT OF SELF-EDITING ACTIVITY TOWARDS STUDENTS’ WRITING SKILL IN RECOUNT TEXT FOR TEN GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 2 AMLAPURA

Putra, I Komang Janu Prianda (2021) THE EFFECT OF SELF-EDITING ACTIVITY TOWARDS STUDENTS’ WRITING SKILL IN RECOUNT TEXT FOR TEN GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 2 AMLAPURA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021077-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021077-ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
1712021077-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021077-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021077-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021077-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Saat ini, siswa dituntut untuk menjadi pembelajar yang mandiri dan itu menjadi lebih menantang dalam pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah ada pengaruh yang signifikan dari aktivitas self-editing terhadap keterampilan menulis siswa kelas X. Penelitian ini berfokus pada bagaimana aktivitas self-editing untuk siswa kelas sepuluh memengaruhi kualitas tulisan siswa dan terbatas dalam menulis teks recount. Metode kuantitatif eksperimental digunakan dalam penelitian ini terutama pada desain Post Test only Control Group. Dua kelas siswa kelas X SMA N 2 Amlapura dipilih dan diberikan perlakuan yang berbeda. Kelompok eksperimen diberikan kegiatan self-editing dalam proses pembelajarannya, sedangkan kelompok kontrol diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Data diperoleh dari nilai post-test siswa. Analisis kuantitatif menunjukkan ada pengaruh yang signifikan dari aktivitas self-editing pada teks recount tulisan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diberi perlakuan menggunakan aktivitas self-editing mendapatkan nilai rata-rata yang lebih baik daripada siswa kelompok kontrol. Siswa dibantu dalam kegiatan self-editing di kelas menulis mereka dengan menggunakan simbol koreksi sebagai panduan mereka. Selain itu, perhitungan ukuran efek memverifikasi bahwa ukurannya sedang dalam pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: self-editing activity, recount text, online learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: I Komang Janu Prianda Putra
Date Deposited: 17 Jul 2021 11:50
Last Modified: 17 Jul 2021 11:50
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6479

Actions (login required)

View Item View Item