Pengembangan Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Memanfaatkan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Pratiwi, Kadek Ayu Mutiara (2021) Pengembangan Pembelajaran Flipped Classroom Dengan Memanfaatkan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713011020-COVER.pdf

Download (899kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713011020-ABSTRAK.pdf

Download (226kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713011020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713011020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713011020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713011020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713011020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713011020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713011020-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kemandirian belajar merupakan hal penting yang diperlukan dalam pembelajaran daring yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dengan pemanfaatan teknologi yang sesuai. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk : 1) mendeskripsikan hasil rancangan pengembangan pembelajaran flipped classroom dengan memanfaatkan google classroom, 2) mendeskripsikan proses implementasi pembelajaran flipped classroom dan 3) mengetahui tingkat kevalidan, efektivitas dan kepraktisan pembelajaran flipped classroom dengan memanfaatkan google classroom. Penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation . Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi ahli, angket kemandirian belajar, angket respon guru dan siswa, pre-test dan post-test. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengisian lembar validasi, angket, pre-test dan post-test untuk data kuantitatif, sedangkan data kualitatif dengan observasi dan wawancara. Subjek uji coba penelitian ini adalah tiga orang ahli perangkat pembelajaran dan satu orang ahli media pembelajaran pada tahap validasi serta 32 orang siswa SMP N 3 Semarapura pada tahap implementasi. Hasil penelitian pengembangan ini adalah kevalidan perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat valid sehingga sangat layak diimplementasikan dengan persentase rata-rata validitas RPP 88,10%, bahan ajar 90,00%, instrumen tes 90,48 % dan kevalidan media pembelajaran 90,00%. Kepraktisan pembelajaran flipped classroom dilihat melalui angket respon siswa dengan rata-rata 3,22 berada pada kategori tinggi, dan angket respon guru dengan rata-rata 3,70 berada pada kategori sangat tinggi. Sedangkan efektivitas dilihat melalui kemandirian belajar dan hasil belajar siswa. Dari segi kualitatif kemandirian belajar meningkat dilihat melalui peningkatan keaktifan siswa dalam diskusi, antusias siswa dalam belajar dan saat pembahasan latihan soal. Secara kuantitatif kemandirian belajar mengalami peningkatan dimana sebelum pembelajaran rata-rata 2,49 dengan kategori rendah, dan setelah pembelajaran 2,90 dengan kategori tinggi. Hasil uji gain menunjukkan gain-score 0,44 dengan kategori sedang, sehingga tergolong cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Dapat disimpulkan pembelajaran flipped classroom berbantuan google classroom efektif dalam meningkatkan kemandirian dan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom, google classroom, kemandirian, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Kadek Ayu Mutiara Pratiwi
Date Deposited: 22 Jul 2021 03:07
Last Modified: 22 Jul 2021 03:07
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6839

Actions (login required)

View Item View Item