Formative Assessment Practices in Online Learning for Assessing Junior High School Students' Writing Competence

Pradnyadewi, Diah Ayu Manik (2021) Formative Assessment Practices in Online Learning for Assessing Junior High School Students' Writing Competence. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1712021188-COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1712021188-ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021188-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (331kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021188-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1712021188-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021188-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021188-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021188-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (373kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1712021188-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menulis dianggap sebagai salah satu kompetensi bahasa penting yang harus dikuasai oleh siswa karena sangat dihargai dalam konteks akademik. Akibatnya, guru harus melakukan asesmen dalam membantu siswa meningkatkan kompetensi menulisnya. Salah satu jenis penilaian yang dapat dilakukan oleh guru adalah penilaian formatif. Asesmen formatif merupakan proses yang terus menerus dilakukan oleh guru untuk mengumpulkan bukti-bukti belajar siswa sebagai masukan untuk meningkatkan pembelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun karena munculnya Pandemi Covid-19, proses asesmen formatif untuk menilai kompetensi menulis siswa harus dilakukan secara online. Fenomena asesmen formatif untuk menilai kompetensi menulis siswa dalam pembelajaran online terjadi pada guru Bahasa Inggris SMP di SMPN 3 Denpasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan dan implementasi penilaian formatif untuk menilai kompetensi menulis siswa dalam pembelajaran online serta tantangan implementasi penilaian formatif dalam menilai kompetensi menulis siswa dalam pembelajaran online. Desain penelitian ini adalah studi kualitatif khususnya studi kasus. Data diperoleh dengan melakukan analisis dokumen, survei, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru merencanakan dan mengimplementasikan 5 macam penilaian formatif yaitu penilaian diri sendiri, penilaian teman sebaya, umpan balik guru, berbagi pemahaman tentang tujuan penilaian, dan penilaian formatif yang bervariasi. Ditemukan pula bahwa dalam praktiknya, guru menghadapi berbagai tantangan dalam menilai kompetensi menulis siswa yang berkaitan dengan pengetahuan guru, keyakinan guru, pembelajaran siswa, dan kelas besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: assessmen formatif, kompetensi menulis, pembelajaran online
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: DIAH AYU MANIK PRADNYADEWI
Date Deposited: 22 Jul 2021 04:02
Last Modified: 22 Jul 2021 04:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/6860

Actions (login required)

View Item View Item