Dewi, Ni Komang Sarini (2021) GRADUATE EFL STUDENTS’ PERCEPTION TOWARDS THE USE OF PREMIUM GRAMMARLY ON THESIS WRITING. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021117-COVER.pdf Download (609kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021117-ABSTRAK.pdf Download (395kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
1712021117-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (332kB) |
|
Text (KAJIAN TEORI)
1712021117-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1712021117-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) | Request a copy |
|
Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021117-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (901kB) | Request a copy |
|
Text (PENUTUP)
1712021117-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021117-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021117-LAMPIRAN.pdf Download (904kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa EFL dan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Premium Grammarly dalam penulisan skripsi. Penelitian ini menggunakan metode campuran dan menerapkan metode sekuensial eksplanatori. Tiga puluh delapan mahasiswa S1 Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha terlibat dalam penelitian ini. Kemudian, penelitian ini terdiri dari dua instrumen yaitu kuesioner dan wawancara. Kuesioner dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hal ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata persepsi mahasiswa lulusan EFL terhadap penggunaan Premium Grammarly adalah 49,89. Dapat dikategorikan bahwa persepsi siswa mendapatkan kualifikasi netral, yang berarti responden tidak puas menggunakan Premium Grammarly, Premium Grammarly dapat digantikan, dan Premium Grammarly memiliki kesamaan dengan alat sejenis lainnya. Hasil wawancara menunjukkan faktor dalam menggunakan Premium Grammarly. Terdapat beberapa faktor yang membuat responden menggunakan Premium Grammarly premium adalah alat ini mendeteksi file tebal, harga murah, memiliki layanan tambahan termasuk deteksi plagiat, mendapatkan pengetahuan, alat yang direkomendasikan, dan mudah digunakan. Di sisi lain, ada beberapa kelemahan penggunaan Premium Grammarly, seperti mendeteksi bahasa yang terbatas, umpan balik yang kurang tepat, kebutuhan koneksi internet, pengecekan yang berlebihan, dan hasil pendeteksian plagiarisme yang tidak akurat. Temuan tersebut mendukung persepsi netral yang berarti bahwa responden tidak puas menggunakan Premium Grammarly karena memiliki kelebihan dan kekurangan. Kemudian, alat lain yang sejenis dapat menggantikan Premium Grammarly karena peneliti menemukan hanya 38 mahasiswa EFL yang sudah tamat menggunakan Premium Grammarly sedangkan sisanya menggunakan yang lain. Arti terakhir dari persepsi netral adalah, Grammarly Premium hampir sama dengan Free Grammarly karena sesi wawancara menunjukkan kemiripan keduanya. Peneliti menyarankan kepada penelitian masa depan untuk menyelidiki persepsi tentang Grammarly premium dalam mata pelajaran penulisan akademik lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mahasiswa EFL, persepsi, Premium Grammarly, penulisan skripsi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Komang Sarini Dewi |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 08:07 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 08:07 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7293 |
Actions (login required)
View Item |