PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Widari, Ni Luh Putu Ema (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN PADA MANUSIA DAN HEWAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031034-COVER.pdf

Download (941kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031034-ABSTARK.pdf

Download (52kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031034-LAMPIRAN.pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif bermuatan pendidikan karakter pada pembelajaran IPA materi sistem pernapasan pada manusia dan hewan kelas V Sekolah Dasar yang valid. Pengembangan bahan ajar dalam penelitian ini berpedoman pada prosedur ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), tahap perancangan (Desaign), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media dan desain, 2 orang praktisi, 3 orang siswa untuk uji coba perorangan dan 9 orang siswa untuk uji coba kelompok kecil. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuisioner dan instrumen rating scale dengan skala 4. Data hasil penilaian yang diperoleh dianalisis dengan rumus Mean untuk mendapatkan rata-rata skor. Rata-rata skor dari ahli materi, ahli media, ahli desain, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil secara berturut-turut yaitu sebesar 3,86; 3,87; 3,82; 3,93; 3,85 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis tersebut bahan ajar interaktif bermuatan pendidikan karakter layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar interaktif, pendidikan karakter, model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Putu Ema Widari
Date Deposited: 25 Jul 2021 18:22
Last Modified: 25 Jul 2021 18:22
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7379

Actions (login required)

View Item View Item