Anisa, Siti Nur (2021) PENERAPAN STRATEGI OMAGGIO DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENYIMAK CERITA RAKYAT SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
This is the latest version of this item.
Text (COVER)
1412011042-COVER.pdf Download (467kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1412011042-ABSTRAK.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1412011042- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (270kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1412011042- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1412011042- BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
1412011042- BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1412011042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1412011042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1412011042-LAMPIRAN.pdf Download (520kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk memaparkan proses pembelajaran dan hasil belajar menyimak cerita dengan menerapkan strategi Omaggio di kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja. Peneliti melakukan pelaksanaan tindakan kelas dalam dua siklus. Tiap siklusnya dilakukan secara bertahap, dimulai dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek yang peneliti amati yaitu guru bahasa Indonesia dan 31 peserta didik di kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2020/2021. Data mengenai proses penerapan strategi Omaggio pada pembelajaran menyimak cerita rakyat didapat melalui hasil observasi pengamatan aktivitas pengajar beserta siswa selama pembelajaran berlangsung, sedangkan data mengenai hasil belajar menyimak cerita rakyat diperoleh dari hasil akhir tes uraian yang telah diberikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara proses pembelajaran menyimak cerita rakyat dengan menerapkan strategi Omaggio mengalami peningkatan terhadap akitivitas guru dan siswa. Guru dan siswa sudah melakukan pembelajaran berdasarkan langkah-langkah strategi Omaggio dan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah ditetapkan. Penerapan strategi Omaggio juga dapat meningkatkan hasil belajar menyimak cerita rakyat siswa, hal tersebut terlihat dari nilai rata-rata pada pelaksanaan tindakan kelas. Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 74,29 dan nilai rata-rata siswa pada pelaksanaan tindakan siklus II mencapai 86,93. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi Omaggio tepat diterapkan pada pembelajaran menyimak cerita rakyat di kelas X Multimedia SMK TI Bali Global Singaraja.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | menyimak, cerita rakyat, strategi Omaggio. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | Siti Nur Anisa |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 05:29 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 05:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7410 |
Available Versions of this Item
-
PENERAPAN STRATEGI OMAGGIO DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENYIMAK CERITA RAKYAT SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA. (deposited 25 Jul 2021 05:07)
- PENERAPAN STRATEGI OMAGGIO DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENYIMAK CERITA RAKYAT SISWA KELAS X MULTIMEDIA SMK TI BALI GLOBAL SINGARAJA. (deposited 25 Jul 2021 05:29) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |