Dari, Ni Putu Siska Ratna Ulan (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERBASIS BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MARGA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1823071011-Cover.pdf Download (406kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1823071011-Abstrak.pdf Download (120kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823071011-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823071011-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1823071011-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823071011-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (606kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1823071011-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823071011-Daftar Pustaka.pdf Download (236kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1823071011-Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis Blended Learning menggunakan Google Classroom dengan model pengembangan 4-D. Responden penelitian terdiri dari 2 orang ahli pendidikan, 5 orang guru IPA selaku praktisi, dan 31 siswa kelas VIII di SMPN 2 Marga. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari RPP, suplemen pembelajaran, LKPD, dan tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran berfokus pada materi pernapasan dan materi ekskresi. Hasil analisis data validitas menunjukkan rerata skor keseluruhan perangkat pembelajaran pernapasan sebesar 0,66 dan pembelajaran ekskresi sebesar 0,66 dengan kategori validitas tinggi. Data respons guru menunjukkan rerata skor 79,4% untuk perangkat materi pernapasan, rerata skor 78,9% untuk perangkat materi ekskresi. Hasil analisis respons siswa menunjukkan rerata skor untuk masing-masing perangkat sebesar 78,1% untuk materi pernapasan dan 78,5% untuk materi ekskresi. Analisis skor tes materi skor N-gain materi pernapasan sebesar 0,66, sedangkan ekskresi menunjukkan N-gain sebesar 0,62. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, perangkat pembelajaran IPA berbasis Blended Learning menggunakan Aplikasi Google Classroom valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Marga
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran IPA, Blended Learning, Google Classroom, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Ni Putu Siska Ratna Ulan Dari |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 08:23 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 08:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7422 |
Actions (login required)
View Item |