Pradnyani, I Gusti Ayu Putu (2021) MUATAN MATERI SASTRA DALAM BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 TERBITAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712011021-COVER.pdf Download (912kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712011021- ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712011021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (403kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1712011021-BAB 2 KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
1712011021-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712011021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (460kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712011021-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712011021-LAMPIRAN.pdf Download (673kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) relevansi muatan materi sastra dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII (2) konsistensi muatan sastra yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII (3) kecukupan muatan sastra dalam materi buku teks Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP. Subjek penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data berupa buku teks Bahasa Indonesia kelas VIII SMP diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2017. Metode pengumpulan data dengan teknik baca, simak, catat dan dokumentasi. Langkah-langkah yang digunakan dalam tahap analisis data, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) relevansi muatan materi sastra dengan kompetensi inti dalam buku teks disajikan sebanyak 13 materi sastra dan terdapat 3 pokok bahasan materi sastra yang tidak relevan dengan kompetensi inti. Relevansi muatan materi sastra dengan kompetensi dasar dalam buku teks disajikan sebanyak 10 materi sastra yang relevan dengan kompetensi dasar dan sebanyak 3 materi sastra yang tidak relevan dengan kompetensi dasar, (2) konsistensi muatan materi sastra yang ada dalam buku teks sudah cukup luas hal ini terlihat pada setiap bab sudah memuat konsep, definisi, prosedur, contoh, tugas, dan sudah ada keterkaitan antar konsep, (3) kecukupan muatan materi sastra dalam buku teks dilihat dari kelengkapan penyampaian materi secara utuh sudah dilakukan dengan baik, kelogisan sajian teori, dan keruntutan sajian konsep sudah sesuai dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar khususnya mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Buku siswa, Materi sastra |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Putu Pradnyani |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 05:40 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 05:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7431 |
Actions (login required)
View Item |