Sari Utami, Ni Wayan (2021) THE STUDENTS’ PERCEPTION OF ANIMATED FILM AS A MEDIA TO TEACH WRITING NARRATIVE TEXT ON THE 10th GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 1 KERAMBITAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612021004-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612021004-ABSTRAK.pdf Download (312kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612021004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (416kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612021004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612021004-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612021004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (749kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612021004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612021004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (377kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612021004-LAMPIRAN.pdf Download (819kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi siswa tentang penggunaan film animasi sebagai media pembelajaran menulis teks naratif dan mengetahui alasan mengapa film animasi dapat membantu siswa dalam menulis teks naratif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X di salah satu SMA Negeri di Kabupaten Tabanan, Bali. Penelitian ini melibatkan 126 siswa yang dipilih dengan menggunakan quota sampling dari total 172 siswa. Peneliti mengumpulkan data penelitian menggunakan kuesioner tertutup dan kuesioner terbuka. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan film animasi sebagai media pembelajaran menulis teks naratif. Ada berbagai alasan mengapa film animasi dapat membantu siswa menulis teks naratif. Pertama, film animasi membantu siswa mengumpulkan kosakata yang dibutuhkan. Kedua, film animasi dapat membantu siswa mendapatkan ide untuk dikembangkan sebagai teks naratif. Dengan film animasi, siswa dapat melihat langsung tokoh-tokoh cerita, sehingga lebih mudah memahami cerita. Dengan memahami cerita lebih baik, siswa bisa mendapatkan ide tentang apa yang akan mereka tulis. Ketiga, siswa tidak cepat bosan dengan menggunakan film animasi karena cukup menarik bagi mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | film animasi, teks naratif, media ajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Ni Wayan Sari Utami |
Date Deposited: | 25 Jul 2021 16:29 |
Last Modified: | 25 Jul 2021 16:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7573 |
Actions (login required)
View Item |