CODE-SWITCHING IN ONLINE SYNCHRONOUS LEARNING

Rinawati, Ni Kadek Ayu (2021) CODE-SWITCHING IN ONLINE SYNCHRONOUS LEARNING. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1929081041-Cover.pdf

Download (465kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1929081041-Abstract.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1929081041-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1929081041-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1929081041-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1929081041-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1929081041-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1929081041-Daftar Pustaka.pdf

Download (443kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1929081041-Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 mengalihkan proses belajar mengajar di kelas menjadi sistem belajar online. Situasi ini juga berdampak pada calon guru Bahasa Inggris dalam melakukan praktik mengajar yang disesuaikan dengan situasi ini. Subjek penelitian ini adalah enam calon guru Bahasa Inggris dan siswa SMP dan SMA se-Bali. Penelitian difungsikan untuk mengidentifikasi proses belajar mengajar yang dilakukan oleh subjek penelitian melalui diskusi online, dalam hal penggunaan bahasa, khususnya dalam praktik alih kode (code-switching) selama proses pembelajaran online melalui grup WhatsApp. Grup WhatsApp digunakan sebagai media pembelajaran online ini. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk; (1) menyelidiki jenis-jenis alih kode, (2) mengidentifikasi bentuk komunikasi tertulis, (3) menemukan fungsi penggunaan alih kode dalam pembelajaran Bahasa Inggris secara sinkron online dengan mengunakan grup WhatsApp. Data primer penelitian ini adalah diskusi calon guru dan siswa EFL yang dilakukan melalui grup chat WhatsApp. Data global ini ditranskripsikan ke dalam transkripsi tertulis untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan penelitian yang dikemukakan. Hasil pertama mengungkapkan bahwa di antara peserta penelitian, mereka mempraktikkan alih kode dalam pembelajaran online mereka melalui obrolan grup WhatsApp. Diskusi online memberikan tiga jenis alih kode berdasarkan teori Poplack, yaitu: tag-switching, inter-sentential switching, dan intra-sentential switching. Namun, jenis tag-switching lebih sering digunakan. Tujuan kedua dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bentuk komunikasi tertulis yang dilakukan dan digunakan oleh siswa dan calon guru Bahasa Inggris melalui grup WhatsApp. Hal ini menunjukkan bahwa ada sembilan bentuk komunikasi tertulis dalam penelitian ini, yaitu: pengulangan huruf dan kata, huruf kapital, akronim, penggantian huruf kata, emoticon, bentuk tawa tertulis, bentuk interjeksi, ejaan tidak baku, dan campuran bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa lokal. Dan pertanyaan penelitian terakhir menjawab fungsi alih kode menurut teori Sert, yaitu alih topik, fungsi afektif, dan fungsi repetitif. Hasil penelitian selanjutnya dibahas dalam tesis ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Alih Kode , Bentuk, Fungsi, Pembelajaran Sinkron Online, Tipe Alih Kode, Grup WhatsApp
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S2)
Depositing User: NI KADEK AYU RINAWATI
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:34
Last Modified: 26 Jul 2021 12:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7632

Actions (login required)

View Item View Item