DEVELOPING ENGLISH LITERACY-BASED ACTIVITIES FOR THE SECOND SEMESTER OF 4TH GRADE ELEMENTARY STUDENTS

Junita, Tita (2019) DEVELOPING ENGLISH LITERACY-BASED ACTIVITIES FOR THE SECOND SEMESTER OF 4TH GRADE ELEMENTARY STUDENTS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1512021189-COVER.pdf

Download (960kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1512021189-ABSTRAK.pdf

Download (295kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
1512021189-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text (KAJIAN TEORI)
1512021189-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1512021189-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021189-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
1512021189-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021189-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (312kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1512021189-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kegiatan berbasis literasi bahasa Inggris untuk semester kedua siswa kelas 4 SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Desain dan Pengembangan oleh Richey & Klein (2007). Objek penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di Kabupaten Buleleng. Pengembangan kegiatan berbasis literasi bahasa Inggris sangat dibutuhkan karena kebutuhan literasi sangat penting dalam Pendidikan Abad ke-21. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, silabus, daftar validitas konten, rubrik kualitas produk, dan tes. Produk penelitian ini diselesaikan melalui empat fase pengembangan produk, yaitu; analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi. Ada empat topik yang dikembangkan mengenai kegiatan berbasis literasi bahasa Inggris untuk semester kedua lembar kerja siswa kelas 4, yaitu; kegiatan di ruang kelas, kegiatan di ruang kelas (2), pakaian, dan hewan. Produk akhir dievaluasi dalam hal efektivitasnya dengan memberikan pre-test dan post-test di mana nilai t-test adalah dengan tingkat signifikansi 0,000 <0,05. Berdasarkan hasil uji-t, dapat disimpulkan bahwa produk akhir yang berupa lembar kerja kegiatan berbasis literasi Bahasa Inggris untuk semester II siswa kelas 4 SDN efektif untuk diterapkan dalam rangka meningkatkan kualitas siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Literasi, aktivitas literasi, pelajar muda.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Putu Tita Junita
Date Deposited: 25 Oct 2019 02:44
Last Modified: 25 Oct 2019 02:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/767

Actions (login required)

View Item View Item