Sukinten, I Gusti Ayu Rista (2021) The Use of E-learning by English Teachers at SMP Negeri 2 Selat. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512021043-COVER.pdf Download (387kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512021043-ABSTRAK.pdf Download (263kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512021043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (174kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512021043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1512021043-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512021043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512021043-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512021043-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512021043-LAMPIRAN.pdf Download (846kB) |
Abstract
Pandemi Covid 19 telah mengubah sistem pendidikan di Indonesia. Pembelajaran tatap muka dialihkan ke pembelajaran jarak jauh untuk mencegah penyebaran Covid 19. Peraturan baru ini memaksa semua guru di Indonesia untuk menggunakan teknologi untuk mengajar siswa secara online. Dalam mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing, beberapa penelitian menemukan bahwa teknologi berpengaruh positif terhadap penguasaan bahasa Inggris siswa. Keberhasilan e-learning dipengaruhi oleh kesiapan guru dan siswa. Namun, implementasi e-learning di Indonesia dilakukan tanpa persiapan khusus untuk membangun kesiapan guru dan siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis e-learning yang digunakan oleh guru bahasa Inggris, masalah yang mereka temukan dalam menerapkan e-learning, dan solusi yang mereka ambil untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMP N 2 Selat dan melibatkan seluruh guru bahasa Inggris di sekolah tersebut. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan model analisis data interaktif. Penelitian ini menemukan bahwa guru bahasa Inggris menggunakan e-learning synchronous dan asynchronous dengan menerapkan berbagai aplikasi seperti Whatsapp, E-mail, Google classroom, Google meet, dan Zoom. Kendala yang dihadapi guru adalah membangun motivasi siswa, penguasaan TIK, koneksi internet, dan ketidak cocokan gadget dengan aplikasi terbaru. Untuk mengatasi masalah tersebut, para guru telah melakukan beberapa upaya untuk menyediakan materi yang menarik, mempelajari tutorial implementasi TIK dari youtube, menggunakan koneksi internet gratis dari pemerintah, menggunakan fasilitas sekolah dan mengupgrade smartphone mereka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asinkronus, pandemi covid 19, e-learning, sinkronus |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I Gusti Ayu Rista Sukinten |
Date Deposited: | 26 Jul 2021 12:52 |
Last Modified: | 26 Jul 2021 12:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7800 |
Actions (login required)
View Item |