Jatawitika, I Gede Yoga (2021) PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUTHORING TOOLS PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK KELAS VII DI SMP NEGERI 6 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (1715051009-COVER)
1715051009-COVER.pdf Download (960kB) |
|
Text (1715051009-ABSTRAK)
1715051009-ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text (1715051009-BAB 1 PENDAHULUAN)
1715051009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (235kB) |
|
Text (1715051009-BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715051009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (1715051009-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1715051009-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (406kB) | Request a copy |
|
Text (1715051009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715051009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) | Request a copy |
|
Text (1715051009-BAB 5 PENUTUP)
1715051009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (1715051009)
1715051009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (278kB) |
|
Text (1715051009-LAMPIRAN)
1715051009-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan secara terbatas konten pembelajaran interaktif berbasis authoring tools menggunakan model pembelajaran Blended Learning pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 6 Singaraja. Jenis penelitian ini merupaka penelitian dan pengembangan (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas VII di SMP Negeri 6 Singaraja pada 30 orang peserta didik dan seorang guru pengampu mata pelajaran IPS. pengambilan data pada penelitian ini menggunakan instrument angket dan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan untuk uji kevalidan konten pembelajaran dari hasil perhitungan validasi ahli yaitu ahli isi, media dan desain pembelajaran mendapatkan rata-rata skor sebesar 1,00 dengan kriteria sangat valid. Hasil perolehan nilai N-Gain untuk memperoleh keefektifan konten pembelajaran interaktif berbasis authoring tools yaitu 0,76 dengan kriteria efektif serta hasil rata-rata respon guru dan peserta didik untuk mendapatkan kepraktisan konten pembelajaran interaktif berbasis authoring tools sebesar 62,1 dan 44 dengan kriteria sangat praktis. Simpulan penelitian ini adalah konten pembelajaran interaktif berbasis authoring tools pada mata pelajaran IPS telah memenuhi kriteria kualitas produk yaitu kevalidan (sangat valid), keefektifan (efektif) dan kepraktisan (sangat praktis).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Mata pelajaran IPS, Authoring Tools. |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | I Gede Yoga Jatawitika |
Date Deposited: | 27 Jul 2021 05:43 |
Last Modified: | 27 Jul 2021 05:43 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/7935 |
Actions (login required)
View Item |