PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ROLE PLAYING TEMA KELUARGAKU SUBTEMA PROFESI PADA ANAK KELOMPOK B TK KUMARA LOKA DENPASAR

Valentina, Ni Putu Dina (2021) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ROLE PLAYING TEMA KELUARGAKU SUBTEMA PROFESI PADA ANAK KELOMPOK B TK KUMARA LOKA DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711061017-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711061017-ABSTRAK.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711061017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (597kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711061017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711061017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711061017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711061017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711061017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711061017-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang masih manual dan metode konvensional membuat siswa merasa cepat cepat bosan dalam belajar. Adanya pandemic covid-19 menyebabkan guru kesulitan dalam menyampaikan materi. Hal ini perlu adanya pengembangan khususnya media pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) merancang video pembelajaran animasi berbasis role playing, dan 2) mengetahui tingkat kelayakan media serta respon siswa terhadap pengembangan video pembelajaran berbasis role playing tema keluarga subtema profesi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model desain pengembangan ADDIE. Pengembangan video pembelajaran berbasis role playing menggunakan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan. Tahapan-tahapan model ADDIE yaitu analyzed, design, development, implementation, evaluation. Hasil penelitian pengembangan ini berupa video pembelajaran berbasis role playing dengan format .mp4 yang dikemas dengan compact disk. Penelitian dan pengembangan ini melalui tahap pengujian betha dan alpha untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap video pembelajaran berbasis role playing. Hasil penilaian terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 95% dengan kategori sangat baik, media sebesar 85% dengan kategori baik, desain 90% dengan kategori sangat baik dan rata-rata respon siswa uji perorangan sebesar 96%. Hal ini menunjukkan bahwa video pembelajaran berbasis role playing efektik digunakan sebagai panduan guru dalam memberikan materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat siswa. Dengan adanya video pembelajaran berbasis role palying mampu meningkatkan kemampuan sosial dan emosial anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video Pembelajaran, Animasi, Role playing.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Ni Putu Dina Valentina
Date Deposited: 04 Sep 2021 02:16
Last Modified: 04 Sep 2021 02:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8216

Actions (login required)

View Item View Item