Dharmawan, I Putu Suwandi Dedy (2021) LESSON PLAN PREPARATION FOR WRITING THROUGH GOOGLE CLASSROOM IN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 BANGLI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1712021216 - COVER.pdf Download (430kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1712021216 - ABSTRAK.pdf Download (97kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1712021216 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1712021216 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1712021216 - BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1712021216 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1712021216 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1712021216 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1712021216 - LAMPIRAN.pdf Download (713kB) |
Abstract
Penelitian ini menggambarkan proses dan masalah dalam penyusunan RPP untuk menulis melalui Google Classroom. Selain itu juga mempelajari permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa EFL dalam menulis melalui Google Classroom. Desain yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian meliputi guru bahasa Inggris dan siswa. Objek penelitian yang diteliti: 1) proses penulisan RPP melalui Google Classroom, 2) permasalahan guru dalam menulis RPP melalui Google Classroom, dan 3) permasalahan yang dihadapi siswa dalam menulis RPP melalui Google Classroom di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bangli. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, angket terbuka, dan angket tertutup. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kualitatif. Temuan penelitian adalah: 1) guru bahasa Inggris mengikuti lima langkah umum, yaitu: 1) menentukan tujuan pembelajaran dan mengaitkannya dengan kompetensi inti dan kompetensi dasar, 2) mengorganisasikan dan menyusun materi pembelajaran dan mengaitkannya dengan tujuan pembelajaran, 3 ) merancang kegiatan pembelajaran berdasarkan metode dan teknik pembelajaran, 4) memilih media dan sumber pembelajaran yang sesuai dengan platform pembelajaran Google Classroom, dan 5) merencanakan jenis dan teknik penilaian pembelajaran yang sesuai untuk penilaian autentik melalui Google form. Dalam penyusunan RPP menulis melalui Google Classroom, guru bahasa Inggris menemukan masalah, terutama dalam 1) menentukan tujuan pembelajaran dan mengaitkannya dengan kompetensi inti dan dasar, dan 2) memilih jenis dan teknik penilaian pembelajaran yang sesuai untuk penilaian otentik melalui formulir Google. Sedangkan siswa mengalami kesulitan dalam menulis, terutama dalam 1) mengembangkan kalimat topik menjadi paragraf yang padu, 2) menyusun kalimat pendukung secara sistematis dan logis, dan 3) menyusun kalimat gramatikal. Temuan penelitian menyiratkan kepada siswa dan guru untuk meningkatkan perencanaan pembelajaran dan implementasinya melalui platform pembelajaran online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | RPP, menulis, soal, Google Classroom |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | I PUTU SUWANDI DEDY DHARMAWAN |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 01:37 |
Last Modified: | 30 Sep 2021 01:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8283 |
Actions (login required)
View Item |