Pengembangan Buku Panduan Konseling Kognitif Behavioral Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Self-Control Siswa SMA

Sudewi, I Gusti Ayu Agung Krisna (2021) Pengembangan Buku Panduan Konseling Kognitif Behavioral Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Self-Control Siswa SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711011017-COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711011017-ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011017-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011017-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011017-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011017-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711011017-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penlitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji keterterimaan dan efektivitas buku panduan konseling kognitif behavioral teknik self-management untuk meningkatkan self-control siswa SMA. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dan 2 orang praktisi di bidang bimbingan konseling yang bertugas untuk menguji keterterimaan buku panduan. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner yang dianalisis dengan formula Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Indeks (CVI), dan t-test. Hasil analisis CVR menunjukkan seluruh pernyataan item kuesioner diterima dan memperoleh nilai CVI sebesar 1 dengan kategori sangat baik, dengan demikian buku panduan konseling kognitif behavioral teknik self-management telah memenuhi ketentuan keterterimaan. Uji efektivitas buku panduan dilaksanakan kepada 10 siswa kelas XI SMAN 1 Banjarangkan dengan menggunakan desain eksperimen one group pre-test post-test. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001, yang berarti penggunaan buku panduan konseling kognitif behavioral teknik self-management ini efektif untuk meningkatkan self-control siswa SMA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Self-control, Konseling Kongitif Behavioral, Teknik Self-management.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Agung Krisna Sudewi
Date Deposited: 07 Oct 2021 01:20
Last Modified: 07 Oct 2021 01:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item View Item