Risyda, Rausyan (2021) PENGEMBANGAN SKALA KEMANDIRIAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN STUDI LANJUT SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
Text (COVER)
1711011035-COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1711011035-ABSTRAK.pdf Download (223kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711011035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (430kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711011035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711011035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (799kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711011035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (835kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1711011035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1711011035-LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, validitas, dan reliabilitas. Skala kemandirian pengambilan keputusan studi lanjut siswa SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metote research and development (R&D) dan menggunakan desain penelitian Borg and gall dalam pengembangan instrumen penelitian antara lain dengan 10 (sepuluh) peneliti memodifikasi menjadi 8 (delapan) karena peneliti tidak melakukan uji coba secara luas. Tahap pengembangan sebagai berikut : 1) penelitian dan pengumpulan data (research an information collecting), 2) perencanaan (planning), 3) pengembangan draft produk (develop prelimeri form of product), 4) uji coba awal lapangan (prelimiry testing), 5) penyempurnaan produk (main product revision), 6) uji coba lapangan (main field testing), 7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan (operational product revision) dan 8) diseminasi dan implementasi (dissemination and implementation). Dalam penelitian ini melibatkan 3 para ahli dan 2 praktisidi bidang bimbingan konseling yang bertugas untuk menguji validitas isi instrumen. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner yang dianalisis dengan formula content Validity Ratio (CVR), Content Validity Indeks (CVI), Validitas empirik dan uji reliabilitas. Hasil analisis CVR menunjukkan seluruh kategori valid/terpakaidn memperoleh nilai CVI 0,98 dengan demikian skala kemandirian pengambilan keputusan studi lanjut telah memenuhi kriteria valid. Uji validitas empirik diujikan kepada 100 siswa kelas X dan XI SMA N 1 Tegaldlimo yang dianalisis dengan pearson product moment. Sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan formula Alpha Cronbach serta melibatkan 80 siswa SMA yang disebarkan melalui googleform. Berdasarkan uji validitas dan reliablitas kemandirian pengambilan keputusan studi lanjut, dapat dikatakan bahwa instrumen yang dikembangkan telah layak dan memenuhi kriteria validitas sebesar 0,98 dan reliabilitas sebesar 0,941. Sehingga dapat disimpulan bahwa skala kemandirian pengambilan keputusan studi lanjut siswa SMA layak untuk dijadikan alat ukur kemandirian pengambilan keputusan studi lanjut khususnya siswa SMA
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan , skala kemandirian pengambilan keputusan studi lanjut. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | RAUSYAN RISYDA |
Date Deposited: | 07 Oct 2021 01:22 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 01:22 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8309 |
Actions (login required)
View Item |