Lestari, Putu Linda (2021) PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1823011015-COVER.pdf Download (526kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1823011015-ABSTRAK.pdf Download (322kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011015-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (234kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) | Request a copy |
|
Text (METODELOGI PENELITIAN)
1823011015-METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (754kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011015-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (322kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (571kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1823011015-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PMRI berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Denpasar. Alasan penerapan PMRI dengan bantuan Geogebra didasari oleh beberapa kekurangan/ kelemahan dari PMRI yang dapat diakomodasi oleh penggunaan Geogebra, diantaranya siswa masih kesulitan melakukan pemodelan/ matematisasi serta diperlukannya alat peraga untuk melakukan visualisasi. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Denpasar. Sample penelitian ini didapatkan melalui proses random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan VII D. Data kemampuan berpikir kritis siswa didapat melalui tes uraian dan data motivasi belajar didapat melalui angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Manova berbantuan SPSS 24.00 for windows. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis kelas VII SMP Negeri 9 Denpasar dengan nilai F = 20.196 dan sig. = 0.000, 2) terdapat pengaruh pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Geogebra terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Denpasar dengan nilai F = 12.581 dan sig. = 0.001, 3) terdapat pengaruh pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Geogebra. terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Denpasar dengan nilai F = 13.129b dan sig. = 0.000. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh PMRI berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Kata kunci: PMRI, Geogebra, Berpikir Kritis, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PMRI, Geogebra, Berpikir Kritis, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2) |
Depositing User: | Putu Linda Lestari |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 06:24 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 06:24 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8530 |
Actions (login required)
View Item |