PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 DENPASAR

Lestari, Putu Linda (2021) PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1823011015-COVER.pdf

Download (526kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1823011015-ABSTRAK.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1823011015-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (234kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1823011015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB) | Request a copy
[img] Text (METODELOGI PENELITIAN)
1823011015-METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1823011015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1823011015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1823011015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (571kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1823011015-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PMRI berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Denpasar. Alasan penerapan PMRI dengan bantuan Geogebra didasari oleh beberapa kekurangan/ kelemahan dari PMRI yang dapat diakomodasi oleh penggunaan Geogebra, diantaranya siswa masih kesulitan melakukan pemodelan/ matematisasi serta diperlukannya alat peraga untuk melakukan visualisasi. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Denpasar. Sample penelitian ini didapatkan melalui proses random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan VII D. Data kemampuan berpikir kritis siswa didapat melalui tes uraian dan data motivasi belajar didapat melalui angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Manova berbantuan SPSS 24.00 for windows. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) terdapat pengaruh pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis kelas VII SMP Negeri 9 Denpasar dengan nilai F = 20.196 dan sig. = 0.000, 2) terdapat pengaruh pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Geogebra terhadap motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Denpasar dengan nilai F = 12.581 dan sig. = 0.001, 3) terdapat pengaruh pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan Geogebra. terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 9 Denpasar dengan nilai F = 13.129b dan sig. = 0.000. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh PMRI berbantuan Geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa. Kata kunci: PMRI, Geogebra, Berpikir Kritis, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: PMRI, Geogebra, Berpikir Kritis, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S2)
Depositing User: Putu Linda Lestari
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:24
Last Modified: 19 Oct 2021 06:24
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8530

Actions (login required)

View Item View Item