Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA

Atmajaya, I Kadek Agustian Bayu (2021) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan E-Learning terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1923071002-COVER.pdf

Download (302kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1923071002-ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1923071002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (153kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1923071002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1923071002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1923071002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1923071002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1923071002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1923071002-LAMPIRAN.pdf

Download (494kB)

Abstract

Keterampilan proses dan hasil belajar sains peserta didik masih merupakan isu yang menjadi perhatian para peneliti. Banyak strategi pembelajaran yang telah dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar sains peserta didik, salah satunya adalah model pembelajaran berbasis proyek. Studi model pembelajaran berbasis proyek sudah banyak dilakukan, namun demikian studi tentang pembelajaran berbasis proyek berbantuan e-learning dalam pengembangan keterampilan proses dan hasil belajar sains peserta didik masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan e-learning terhadap keterampilan proses dan hasil belajar sains peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group. Terdapat 63 orang peserta didik yang terlibat dalam penelitian ini, dimana 32 orang ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan 31 orang ditetapkan sebagai kelompok kontrol. Kelompok ekperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan e-learning, sedangkan kelompok kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Data tentang keterampilan proses sains dikumpulkan dengan tes keterampilan poses sains dengan indeks reliabilitas r = 0,864, dan data tentang hasil belajar sains dikumpukan dengan tes hasil belajar dengan indeks reliabilitas r = 0,919. Data dianalisis dengan teknik MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan keterampilan proses dan hasil belajar sains secara simultan antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol, dimana rata-rata skor kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol; (2) terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol, dimana rata-rata skor kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol; (3) terdapat perbedaan hasil belajar sains antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol, dimana rata-rata skor kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol. Model pembelajaran berbasis proyek berbantuan e-learning efektif dalam mengembangkan keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek berbantuan e-learning, keterampilan proses sains, hasil belajar IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: I Kadek Agustian Bayu Atmajaya
Date Deposited: 21 Oct 2021 06:34
Last Modified: 21 Oct 2021 06:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/8533

Actions (login required)

View Item View Item